Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Pertemuan Negara-Negara Samudera Pasifik Bakal Dipusatkan di Sulut, Untuk Membahas Sejumlah Hal Ini


Manado, detiKawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menerima kunjungan Duta Besar Kepulauan Salomon untuk Indonesia, HE Salana, pada Jumat (28/04) di Gedung DPRD Provinsi Sulut, telah membahas sejumlah hal penting diantaranya adanya rencana pertemuan negara-negara Kepulauan Samudera Pasifik yang bakal dipusatkan di Provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka penyelamatan Koral atau terumbu karang dan pembangunan di Wilayah Papua.

"Kami sedang melobi agar pertemuan tersebut karena kita juga merupakan negara kepulauan. Momentum ini harus dimanfaatkan karena sebagai wadah menyatukan pendapat," terang Olly, sembari menambahkan bahwa hal itu juga karena strategisnya kedudukan Indonesia dan Kepulauan Solomon sebagai pendiri The Coral Triangle Initiative (CTI) bersama negara seperti, Timor Leste, Philipina, Malaysia dan Papua Nugini.

Dimana Gubernur juga menilai dalam pembahasan tentang Papua terungkap besarnya apresiasi pemerintah Kepulauan Salomon kepada Pemerintah Indonesia atas perhatian yang sangat besar untuk membangun Papua.

"Bahkan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di seluruh Kabupaten Kota di Papua berjalan dengan baik. Isu di negara mereka, seolah-olah Papua dikucilkan ternyata tidak benar atau Hoax, setelah mengunjungi dan melihat langsung keadaan di Papua," katanya.

Diketahui, kawasan Segitiga Karang Dunia atau biasa disebut Coral Triangle, selama ini dikenal sebagai kawasan inti karena tingginya keanekaragaman terumbu karang di dunia. Berbagai upaya terus dilakukan negara-negara yang wilayahnya masuk dalam segitiga karang dunia untuk menyelamatkan terumbu karang yang tersisa saat ini.

Adapun diakhir pertemuan tersebut, Gubernur Olly telah memakaikan kalung tradisional daerah Sulut berbahan dasar kerang, sebagai bentuk cendramata dari Pemprov Sulut.

Pada kesempatan itu pula turut dihadiri Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw,  Sekdaprov Edwin Silangen dan segenap pejabat lingkup Pemprov Sulut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 28 April 2018 , , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional