Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Madrasah Al-Muhajirin Manado Akan Gelar Perkemahan Bahasa Arab

Manado, detiKawanua.com - Mukhoyyam Araby adalah Program 'Perkemahan Bahasa Arab' yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2008 di Madrasah Al Muhajirin, Manado. Program ini dilaksanakan 3 hari di setiap semester. 

Nur'aini Gasman selaku perwakilan Madrasah Al-Muhajirin, mengatakan, selama perjalanan program ini sejak tahun 2008 hingga 2018, ada perubahan yang besar terhadap minat siswa dan siswi dalam mendalami bahasa arab, dan alhamdulillah sejak 4 tahun belakangan ini, acara dalam mukhoyyam arabi ini sudah bisa dikerjakan oleh mereka sendiri tanpa melepas nilai pembelajarannya.

"Mukhoyyam Araby ini merupakan program penghujung dari sekian rentetan program bahasa arab yang sudah diajarkan di Madrasah Al-Muhajirin ini, seperti kursus bahasa arab yang dijalankan selama 7 minggu dan juga 'ilqo mufradat (pemberian kosa kasa bahasa arab), mahfudzat (kata-kata mutiara dalam bahasa arab), dan asalib (pemberian kalimat percakapan bahasa arab), serta program muhadatsah (praktek percapakapan bahasa arab) di setiap hari rabu dan sabtu," terangnya, Selasa (10/4/2018), di Bailang, Manado.

"Dalam Mukhoyyam Arabi ini, siswa dan siswi banyak mendapatkan materi bahasa arab dengan menarik dan menyenangkan, karena di dalamnya ada 'Lu'bah 'Arabiyah (permainan bahasa arab), Jinbaz Araby (Senam menggunakan lagu bahasa arab), Tasliyah (hiburan lagu berbahasa arab), Rihlah (cross country) yang di dalamnya ada pos-pos dengan soal-soal berbahasa arab, Fawazir (cerdas cermat), dan yang paling penting adalah pemberian materi bahasa arab dari fasilitator," tambahnya. 

Lebih lanjut dikatakan, program ini biasanya diikuti oleh seluruh siswa dan siswi madrasah Al-Muhajirin, tapi sekarang kita sudah mulai membuka peserta dari luar untuk bisa bergabung dalam Mukhoyyam Araby ini.

"Dengan harapan, semoga program mukhoyyam arabi ini menjadi titik awal siswa dan siswi menyenangi bahasa arab dan kemudian terpanggil untuk lebih memperdalamnya. Apalagi hingga bisa dibawa ke tahap memahami isi kandungan al qur'anul karim dan setiap bacaan sholat siswa," ujar lulusan Pondok Pesantren Gontor ini. 

"Pelaksanaan pada tanggal 13 hingga 15 April di Madrasah Al-Muhajirin. Do'akan program ini berjalan dengan lancar," pungkasnya. 

(Indra)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 10 April 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional