Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Liputo : Sebulan Sebelum Tanggal Kadaluarsa, Produk Jangan Lagi Dijual

Kabid Perdagangan Disperindag Talaud, Djamal Liputo.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag)  Kabupaten Kepulauan Talaud, Habel Salombe, melalui Kabid Perdagangan, Djamal Liputo menegaskan,  sebulan sebelum masa berlaku habis, semua produk  yang memiliki tanggal  kadaluarsa harus ditarik dari pajangan dan tidak dijual lagi. Jika masih ada pedagan bandel, maka pihaknya  bersama aparat penegak hukum ( APH)  tak segan melakukan penarikan paksa barang dagangan tersebut.

"Sesuai regulasi. Sebulan sebelum masa expired kita sudah ingatkan penjual atau pedagang untuk tidak memajang jualannya. Kita selalu berhati - hati saat bertugas. Jika ditemukan,terus ada keberatan saat akan ditarik. Maka kita bekerjasama dengan APH untuk menarik paksa barang dagangan kadaluarsa tersebut," tegas Liputo, Rabu (4/4).

Apabila ada pembeli atau konsumen menemukan adanya produk kadaluarsa, maka dipersilahkan untuk melaporkannya ke Disperindag .

"Kan ada Undang - Undang Perlindungan Konsumen. Kita selalu sampaikan kepada pedagang atau pengusaha jangan sampai  terjadi peristiwa yang tak diinginkan sehingga konsumen yang merasa menjadi korban melaporkan hal tersebut ke APH. Otomatis bapak ibu ( Pedagang - red ) akan menerima dampak atau sanksi. Kita setiap minggunya selalu berpas - pasan dengan pedagang," kata Liputo.

Meski begitu, dalam melakukan inspeksi, pihaknya harus berkoordinasi dengan Disperindag Provinis Sulut.

Liputo mengungkapkan, akibat produk kadalauarsa. Di Talaud pernah terjadi dua kasus yang berujung ke ranah hukum atau pengadilan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 05 April 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional