Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

IAIN Manado Jalin Kerja Sama dengan Universitas Luar Negeri

Manado, detiKawanua.com - Sebagai perwujudan upaya membangun relasi akademik internasional, IAIN Manado, sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Sulawesi Utara, terus melakukan usaha yang berkesinambungan dan terencana. 


Salah satu upaya tersebut adalah menjalin kerja sama akademik dengan Universitas Kebangsaan Malaysia, dengan melaksanakan International Seminar on Contemporery Islam (ISCI) yang akan dilaksanakan di Hotel Peninsula, Manado tanggal 7-8 Agustus 2018 mendatang.

Kegiatan ini akan didahului dengan Worshop Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi, yang akan difasilitasi oleh Pengelola Jurnal Studia Islamika UIN Jakarta. Dan rapat perdana panitia dilaksanakan di Rektorat IAIN Manado, pada Sabtu (21/4/2018) sekitar pukul 15.30 Wita, yang dipandu langsung oleh Rektor Gonibala.

Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, MSi di sela-rapat koordinasi dengan team kerja ISCI, menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan perwujudan nyata IAIN Manado dalam mengupayakan terciptanya  wawasan internasional dalam konteks visi multikultural-transdisipliner.

"Dengan menggandeng perguruan tinggi luar negeri yang sudah memeliki reputasi internasioanal akan menjadi langkah starategis IAIN Manado untuk juga turut dikenal dalam percaturan global," ungkap Rektor IAIN Manado dengan penuh semangat. 

Dekan Fakultas Syariah IAIN Manado,  Dr. Suprijati Sarip, MSi, yang juga alumni Program Doktor UIN Alauddin Makassar, sebagai bagian dari tim kerja International Seminar on Contemporery Islam (ISCI) mengatakan bahwa, "Kegiatan ini merupakan follow-up dari pertemuan awal yang dilaksanakan IAIN Manado dengan Universitas Kebangsaan Malaysia pada Oktober tahun lalu. Untuk itu, pelaksanaan seminar di Agustus mendatang adalah implementasi dari pembicaaraan kerja sama anta kedua universitas," ungkap Dekan Fakultas Syariah ini. 

Sejak transformasi dari STAIN Manado menjadi IAIN Manado, di bawah kepemimpinan Dr. Hj. Rukmima Gonibala, M.Si,  Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri  satu-satunya di Sulawesi Utara ini semakin aktif untuk mengembangkan kolaborasi internasioanal.

IAIN Manado menjadi pemerakarsa utama Southeast Asian Academic Mobilitiy (SEAM), begitupula dengan pelaksanaan KKN (kuliah kerja nyata) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mulai semester ini dilaksanakan di Malaysia, berkerja sama dengan  College Yayasan Pahang Malaysia.

IAIN Manado juga diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan-kegiatan internasional, termasuk pelaksanaan International Student Conference on Islamic Studies (ISCIS) yang bekerja sama dengan Tohoku University Japan.

(*/Indra) 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 21 April 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional