Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

GISA Berperan Penting Berdasarkan Data Akurat Dari Pemerintah dan Disdukcapil

Manado, detiKawanua.com - Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan, merupakan kebijakan pemerintah yang sebagai pemangku pelaksana administrasi daerah menilai sangat penting dengan tingkatan 'urgen' tinggi sekarang ini sehingga pada intinya bagaimana pemerintah berperan dalam sistem kependudukan. Demikian kutipan sambutan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang dibacakan Asisten I, Edison Humiang pada kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Kependudukan yang Dirangkaikan dengan Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Manado, Senin (23/4) tadi malam di salah satu hotel di Manado.

Menurut Humiang bahwa belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada, persoalan data kalau instansi kependudukan beraama biro statistik itu berbeda, dan yang menjadi unggulan adalah data dari kependudukan (Discapil).

"Dalam perencanaan-perencanaannya kita (Pemprov Sulut/Disdukcapil) harus mempunyai data kependudukan akurat dan ini harus dari aspek bawah 'bottomup' makanya kartu keluarga (KK) harus penting dalam melampirkan data yang asalanya dari kelurahan atau tingkat bawah," terangnya, sembari menambahkan pentingnya data harus update, kemudian dalam mencantumkan data itu harus teliti terdaftar dalam KK harus update.

Ditambahkannya pula dengan adanya GISA ini diharapkan lebih baik dan harus benar-benar pro rakyat alias gratis.

"Kalau sudah sejauh itu berarti tidak ada lagi hambatan dalam pengurusan KK dan KTP elektronik. Mari bagi saudara-saudara Disdukcapil Kabupaten Kota untuk bekerja sama dan singkronisasi dalam pendataan agar hasilnya baik. Begitupun dengan penganggarannya juga harus dikomunikasikan dengan Sekda masing-masing, karena hal ini terkait dengan menjalankan program GISA kedepan," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Direktur Fsilitas Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, Ditjen Dukcapil Kemendagri, David Yama, Direktur Bina Aparatur, Joko Mursito, dan Kepala Dinas Kependudukan Capil Sulut, Bahagia R. Mokoagow.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 24 April 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional