Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Dibalik Suksesnya UNBK dan Vicon Serta 1.500 Unit Bantuan Komputer, Gubernur Katakan Tower dan Signal

Minut, detiKawanua.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang juga bersamaan UNKP Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sekaligus penggunaan Sistem Vidoe Confrence (Vicon) UNBK untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sulut hari pertama tadi Senin (02/04) pagi pukul 07.30 Wita telah sukses dibuka langsung oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey di SMK 1 Aer Madidi Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Gubernur saat diwawancarai wartawan usai kegiatan tersebut menjelaskan sejumlah hal bahwa, respon pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut dalam mendorong 100 persen pelaksanaan UNBK kedepan nanti sehingga semua sekolah di Provinsi Sulut terutama di daerah kepulauan bisa menikmati sistem UNBK itu, masih perlunya keterlibatan dari Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) untuk mengatasi kendala dilapangan seperti halnya, Tower dan Singal (jaringan internet untuk server).

"Sejauh ini sudah berjalan baik. Namun, yang pertama kita juga sudah minta kepada Menkominfo sejatinya diperbaiki (Signal) di daerah kepulauan," terang Gubernur, sembari menambahkan bahwa (kendala) yang kedua adalah fasilitas komputer itu secara bertahap pada tiap tahun anggaran juga dianggarkan.

"Kita anggarkan lewat APBD untuk kelengkapan fasilitas komputer untuk setiap sekolah. Oleh karena itu saya mintakan kepada para Kepsek (kepala sekolah) untuk membuat satu ruangan khusus agar alat-alatnya (komputer) tidak dipindah-pindahkan atau saling pinjam dengan sekolah lain nanti cepat rusak," ungkapnya.

Lanjut Olly, bahwa sekarang ini Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) telah melakukan pengadaan/pemesanan komputer lengkap dengan spek terbaik sebanyak 1.500 unit, yang kemungkinan pada pekan depan sudah ada.

"Ada keterlambatan sedikit saja namun pekan depan itu sudah masuk," terangnya.

Disamping itu dirinya berharap dengan adanya fasilitas lengkap nanti, pihak sekolah harus menjaga dan merawat dengan sebaik-baiknya karena penggunaannya tidak hanya pada saat pelaksanaan UNBK saja.

"Alat (komputer) ini juga bisa difungsikan sebagai laboratorium, jadi tidak hanya UNBK saja. Nanti, tinggal tambah sistem aplikasi semisalnya untuk akutansi, jadi siswa jurusan Akutansi bisa pakai juga. Target kita pada tahun 2019 itu semua sekolah sudah lengkap, tapi itulah khusus jaringan dan pembangunan tower diperluas akan dimintakan kepada Menkoinfo," tandas Gubernur.


Senadanitu melalui Kadikda Sulut, Grace L.Punuh saat diwawancarai mengungkapkan bahwa seperti yang dikatakan Gubernur sekarang sudah ada pengadaan 1.500 unit komputer yang rinciannya 500 melalui dana APBD dan 1000 unitnya melalui APBN-DAK yang proses pengadaannya melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) menggunakan E-Katalog.

"Pakai E-Katalog itu tidak bermasalah, dan sesuai peruntukan dan aturan. Namun, untuk penyerahan fasilitas bantuan komputer itu nantinya tidak sekaligus serentak secara rata kesemua sekolah namun, bertahap melihat (kondisi) kebutuhan sekolah misalnya satu atau dua sekolah dulu dilengkapi dan fasilitasnya disesuaikan dengan jumlah siswa yang hal itu mencegah agar tidak saling meminjam. Dan untuk persoalan Signal (jaringan internet) dan Tower itu, kami akan tindak lanjuti ke Kemeninfo," tutup Punuh.

Adapun diketahui pelaksanaan UNBK dan UNKP kali ini dari data terdaftar diikuti 14.631 siswa dari 179 sekolah baik negeri maupun swasta.

Hadir bersama Gubernur diantaranya, Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, serta jajaran pejabat Pemkab Minut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 02 April 2018 , , , ,

0 komentar for "Dibalik Suksesnya UNBK dan Vicon Serta 1.500 Unit Bantuan Komputer, Gubernur Katakan Tower dan Signal"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional