Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

April Ini, Petani Boltim Bakal Dapat Bantuan

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Setiono.

Boltim, detiKawanua.com - Guna peningkatan kesejahteraan petani khususnya di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), maka Dinas Pertanian Boltim akan melakukan upaya atau langkah dalam salah-satu program bantuan untuk kelompok petani.

Hal ini, seperti dituturkan Kepala Dinas Pertanian Boltim, Setiono bahwa tahun ini kita awali program peningkatan produksi para petani demi kesejahteraan. Khususnya dalam rangka program Upsus Pajale, "ini menjadi prioritas utama kita melalui  Kementerian. juga langkah ini untuk peningkatan kesejahteraan para petani di Boltim," terang Setiono  saat disambangi diruang kerjanya.

Dalam rangka penyediaan pangan, kata Dia, langkah pemerintah memberikan bantuan untuk peningkatan padi gogo atau padi ladang seluas 12 Hektare (Ha). Lokasinya menyebar di hampir semua Kecamatan maupun desa yang ada di Boltim.

"Karenanya, petani kita di Boltim bisa dikatakan mempunyai  ladang perkebunan. dengan areal tanam 12 Ha, kita berikan bantuan benih padi gogo (ladang) 25 Kilogram (Kg) per Ha. Kemudian, pemberian pupuk urea cair dengan herbisida yakni, 180 ribu per Ha atau biasa diberikan herbisida serta pupuk organik lain tergantung wilayah lokasi ladang tanam," paparnya.

Untuk Boltim pupuk cair dan racun rumput yang nantinya bakal diberikan karena, sesuai wilayah kita. Bulan April ini, dalam persiapan perealisasian bantuan. Dan akhir bulan ini mulai penyaluran ke kelompok tani. 

Setiono menambahkan, juga dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani, pihaknya melaui proses penyuluhan ketrampilan serta, pengetahuan terkait soal pertanian dilakukan sosialisasi, ada 46 orang tenaga penyuluh tersebar setiap kecamatan dan di desa. Semua program pertanian akan disosiliasikan dari mulai teknis sampai ke non teknis ke petani.

"Kita sudah lakukan sosialisasi dengan  sistem kunjungan kerja atau Latihan Kunjungan (LAKU) yaitu, 4 hari dilapangan 1 hari di BPP per kecamatan. Kita dorong dinamika kelompoknya, harus jalan untuk petani. Dan ketika ada kendala ditemui patani dilapangan baik, soal bercocok tanam pun manyangkut hama, Saya minta segera di sampaikan ke penyuluh BPP kecamatan atau kepada Dinas. semuanya ini adalah demi  kesejahteraan petani di Boltim," kata Setiono, dengan jelas kepada media ini (11/04) siang tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 11 April 2018 ,

0 komentar for "April Ini, Petani Boltim Bakal Dapat Bantuan"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional