Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Terbukti, ROR-RD Paripurna Menjawab Pertanyaan 3 Panelis Debat Kandidat


Minahasa, detiKawanua.com - Pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2018 yang digelar KPU Minahasa yakni 'Debat Kandidat Pertama' yang berlangsung Jumat (23/03) siang tadi disalah satu gedung hotel di Tateli-Minahasa, yang diikuti kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018-2023, Ivansa-CNR (Paslon Nomor Urut 1) dan Roy O.Roring-Robby Dondokambey (ROR-RD Paslon Nomor Urut 2) berjalan dengan baik dan lancar.

Seperti halnya yang terpantau wartawan, sejumlah pertanyaan yang dibagi dalam tujuh (7) segmen tersebut yang sodorkan tiga (3) Panelis dari kalangan akademisi yakni, Prof Paulus Kindangen, Jhon Taroreh dan DR Taufik Pasiak itu, oleh Paslon ROR-RD secara paripurna terjawab dengan jelas dan tepat sasaran sehingga membuat ratusan pendukung (ROR-RD) yang sempat hadir diluar gedung dan mendengarkan melalui pengeras suara, sontak berteriak 'Merdeka! Dua, Dua, Hidup Dua'.

Seperti disegmen pertama, melalui Panelis Prof Kindangen menanyakan kepada Paslon ROR-RD soal jika terpilih nanti bagaimana upaya (ROR-RD) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sektor perekonomian daerah Minahasa dengan tepat sasaran.

Hal itupun langsung ditanggapi ROR dengan tenang bahwa dirinya dan Robby Dondokambey telah merancang dan menyediakan program kerja yang dapat menyentuh serta memberdayakan masyarakat yang kesemuanya itu dijabarkan dalam visi misi.

"Jika Tuhan berkenan, saya dan pak Robby akan 'membawa' Kabupaten Minahasa kedepan untuk lebih hebat lagi kedepan dengan program-program kami. Kami membawa Visi yang berlandaskan Nawacita Presiden Jokowi, sejalan dengan pemerintah provinsi hingga nantinya di Kabupaten Minahasa dengan 5 Misi kami dianranya, Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata. Mengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Meningkatkan pembangunam sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing. Meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Dan memantapkan manajemen birokrasi yang berprofesional melalui tata kelola pemerintahan yang baik," terang ROR.

Hal lain juga ditambahkan Paslon Cawabup Robby Dondokambey (RD) bahwa, dalam penjabaran ke-5 Misi tersebut terdapat 10 item yang kesemuanya dapat berdampak langsung pada pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan peningkatan perekonomian diberbagai sektor sesuai dengan potensi yang ada di Kabupaten Minahasa.

"Semua itu ada dalam Mapalus (Masyarakat peduli dan tulus untuk sesama), Program R3D (Rakyat Ramah, Rukun dan Damai), R3D Tondano (Rehabilitasi, Revitalisasi dan Rekreasi Danau Tondano), Sumikolah, Lansia Sehat, Rumah Tinggal Layak Huni, Pengembangan Infrastruktur, Pertanian, Perikanan dan Pariwisata, Lingkungan Hidup dan pemanfaatan Energi Terbarukan, serta Sistem Birokrasi Handal dan Profesional bagi pemerintahan," jelas RD seraya menambahkan sesuai visi ROR-RD Minahasa maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berjaya dalam Keadilan dan Kesejahteraan

Dimana pada segmen selanjutnya yakni penajaman Visi Misi, kedua Paslon (Ivansa-CNR dan ROR-RD) disodorkan pertanyaan melalui Panelis Taufik Pasiak kepada ROR-RD tentang upaya apa dalam penggunaan teknologi tinggi bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa menggunakan teknologi tersebut dan mencipatakan kesejahteraan masyarakat yang berdaya saing.

ROR dalam menjawab pertanyaan tersebut menurutnya yang paling mendasar adalah mendorong peningkatan pendidikan baik siswa-siswi melalui tunjangan bantuan berprestasi dengan program beasiswa sehingga memacu peningkatan mutu SDM lebih berkualitas, yang selanjutnya dengan upaya memberikan penambahan gelar pendidikan sarjananya baik untuk mengambil S1, kemudian melanjutkan ke S2.

"Tidak hanya siswa saja namun bagi tenaga pendidik/guru akan diberikan kesempatan dibantu juga berkompetisi dalam mengikuti jenjang-jenjang pendidikan/studi belajar/sertifikasi secara profesional agar ada kesimbangan SDM di dunia pendidikan yang sesuai perkembangan jaman," jelas ROR, sembari ditambahkan RD pada sisa waktu yang ada bahwa dalam peningkatan ekonomi, target Paslon ROR-RD akan meningkatkan produktivitas rakyat, baik disektor perikanan, pertanian, pariwisata, dengan membangun pembangunan di wilayah pesisir pedesaan yang disesuaikan dengan kondisi objektif yang terbagi 3 sektor yaitu, pertanian, perikanan dan pariwisata untum mendorong capian lebih tinggi.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 23 Maret 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional