Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Survey Semakin Melejit, ROR-RD 'Banjir' Dukungan Masyarakat

Minahasa, detiKawanua.com - Seiring waktu yang tersisa tinggal 3 bulan berjalan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Minahasa, nampaknya pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Periode 2018-2023 Nomor Urut 2, Roy O.Roring dan Robby Dondokambey (ROR-RD) semakin melejit dan 'dibanjiri' dukungan dari masyarakat Minahasa. Hal itupun dibuktikan dengan sejumlah survey baik internal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai pengusung juga empat partai pendukung yakni, Demokrat, Gerindra, Hanura dan PKB, serta survey lembaga (non partai) sebelum dan selama berjalannya proses Pilkada memantau situasi dan kondisi lapangan. Seperti halnya informasi yang dirangkum Pusat Analisa Data dan Informasi (PADI) ROR-RD yang dikomandoi Ketua Tim Pemenangan, Hangky Arther Gerungan (HAG) bahwa pasangan paripurna ROR-RD hingga pekan pertama di bulan Maret ini mampu mengantongi hingga 58 persen suara yang kesemuanya itu tersebar di 4 Daerah Pemilihan (Dapil) di Minahasa.

Pun data serupa juga dibeberkan Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey bahwa untuk hitung-hitungan perkembangan terkini Paslon ROR-RD sesuai survey internal partai mencapai 58 persen.

"Masih ada 3 Bulan tersisa, bisa kadi 72 persen nantinya," ungkap Olly, Selasa (13/03).

Lain halnya lagi sebelumnya pernyataan analisis yang dikeluarkan dari lembaga (non partai) yang bergerak di bidang kajian sosial dan politik yakni, Tumbelaka Academic Centre (TAC) yang memprediksikan kekuatan Cabup dan Cawabup Minahasa Nomor Urut 1 yakni, Ivan Sarundajang dan Careig N. Runtu (Ivansaz-CNR) di Pilkada ini diduga melemah dan terancam, dikarenakan dari segi pergerakan Tim Pemenangan ROR-RD dari awal begitu agresif dan meluas (di 4 Dapil) sehingga otomatis dukungan pun semakin menguat kepada Paslon ROR-RD. Yang disisi lain dari analisis TAC juga mencatat bahwa presentase untuk massa 'mengambang' masih tergolong tinggi sehingga perlunya kerja keras bagi kedua tim pemenangan (Ivansa-CNR dan ROR-RD) untuk merebut simpatik masyarakat. Adapun jika informasi dari berbagai pihak yang menyatakan peluang terbesar ada pada Paslon ROR-RD, itu wajar karena dilihat dari kinerja Tim Pemenangan ROR-RD sangat agresif dilapangan.

Adapun diiluar analisa TAC dan hasil polling dari data Tim Pemenangan ROR-RD, juga potensi peningkatan dan kuat dukungan terlihat dari bergabungnya sejumlah tokoh masyarakat dalam Tim Relawan ROR-RD seperti, Lendy Wangke yang merupakan Tokoh Masyarakat Tondano, Victor Malonda dan para tokoh di Minahasa lainnya.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 13 Maret 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional