Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

RR-RD Disodorkan Pertanyaan Warga Pesisir Pantai Mandolang, Cukup Mengejutkan dan Terjawab

Minahasa, detiKawanua.com - Bertempat di Desa Tateli Weru Mandolang Kabupaten Minahasa, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Periode 2018-2022 Nomor Urut 2, Roy O.Roring dan Robby Dondokambey (RR-RD) pada Selasa (06/03) sore tadi menggelar kampanye dialogis tatap muka serta menyerap aspirasi masyarakat wilayah pesisir pantai tersebut.

Dalam pertemuan tersebut RR-RD telah memaparkan 22 program prioritas kerja dan visi misi, namun disisi lain mereka (RR-RD) juga menjawab apa yang menjadi tanda tanya/pertanyaan dari warga di desa tersebut seperti yang ditanyakan Lili Liwang, apakah butul (sesuai penyampaian RR) kalau sudah jadi (terpilih menjadi Bupati) akan tetap tatap muka turun lapangan seperti sekarang ini (saat-saat kampanye).

"Masih mau turun di wilayah pantai didesa kami ini? karena pada biasanya, kalau calon sudah jadi dan sudah diatas, maka kami sudah dilupakan apalagi kepada kami warga hanya tinggal di pesisir pantai," tanya Lili.

Lain halnya juga dengan yang ditanyakan Moris Rumengan yang memberikan masukan disektor ekonomi guna masyarakat Minahasa khususnya dikalangan bawah yang menurutnya sedang hangat menjadi bahan pembicaraan para tokoh masyarakat di desa Tateli Raya, soal hadirnya perusahaan yang pengelolanya dari pihak asing (pengusaha toko dan pengelola batu pasir) serta perizinan perusahaan asing didaerah mereka.

"Utamanya bagi masyarakat penjual usaha kios-kios kecil yang semenjak adanya pertokoan besar akhirnya pendapatan bagi kios makin menurun. Jadi kalau boleh pak ROR dan pak Robby, di Minahasa ini kedepan diutamakan pengembang/pengusahanya orang lokal agar masyarakat kecil bisa berkembang dan diberdayakan. Sekedar masukkan kiranya bisa ciptakanlah pengusaha kecil pribumi," kata Moris, sembari meminta jika terpilih nanti RR-RD bisa selektiv lagi soal perizinan perusahaan yang bisa menguntungkan masyarakat Minahasa.

Adapun pada kesempatan itu semua pertanyaan langsung dijawab Paslon RR-RD, yang oleh Roring pun menjawab pertanyaan dari warga (Lili Liwang), bahwa dirinya bersama RD (Robby Dondokambey) mempunyai keyakinan kuat bahwa jika sudah terpilih dan menjabat resmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, memastikan mengabulkan permintaan warga tersebut melalui program yang telah dirancang RR-RD untuk kedekatan bersama masyarakat Minahasa nanti.

"Pasti kita (RR-RD) lakukan itu semua, karena semua demi rakyat, karena rakyat juga yang memilih kami dan hal itu kami sadar betul. Salah satunya dengan program RR-RD, yang menyediakan waktu khusus dan terjadwal bagi rakyat Minahasa yang itu setiap hari Rabu dalam seminggu untuk siap menerima keluhan langsung warga," terang ROR (yang 14 tahun memegang jabatan dalam birokrat dan 30 tahun  berpengalaman sebagai ASN), yang menambahkan juga menyediakan program 1 X 24 jam standby Call Centre RR-RD, masyarakat setiap waktu siang dan malam bisa menghubungi dan memberikan kritik, saran masukan serta keluhan.

Sementara itu oleh Calon Wakil Bupati, Robby Dondokambey (RD) dalam menyambung dan menjawab kedua warga itu bahwa untuk membangun perkonomian rakyat Minahasa juga dibagian pesisir, untuk perizinan perusahaan bisa dibatasi dengan saran melakukan kerjasama dengan koperasi didesa tempat perusahaan beroperasi sehingga terdapat pemanfaatan bersama pihak perusahaan dan warga masyarakat.

"Semua nantinya akan diatur kalau terpilih. Kita akan memberi rekomendasinya agar ada hal-hal yang bisa diperhatikan, pada intinya kita sinergikan dari pengusaha, warga dan pemerintah. Untuk perusahaan besar (pengelola batu dan pasir) material-material itu juga penting untuk pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lain-lain," terang RD.

Hadir pada kegiatan tersebut ratusan warga dan simpatisan dari Kecamatan Mandolang. Diketahui juga sebelum itu Paslon RR-RD telah melakukan tatap muka dengan ratusan warga di Kecamatan Tateli.


(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 06 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional