Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Rencana Bertambah Tol Masuk Manado, Bagian Utara Berpeluang Pembangunannya

Manado, detiKawanua.com - Pembangunan tol dalam kota itu pada prinsipnya dalam rangka penuntasan tindaklanjut jalan tol Kota Manado-Bitung. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PU-PR Provinsi Sulut, Steve Kepel.

"Sebab tol yang ada sekarang itu baru menghubungkan antara Kabupaten Minahasa Utara ke Kota Bitung," terangnya.

Kepel juga mengatakan bahwa sisa panjang jalan untuk tol yang ada sekarang itu masuk dalam Kota Manado, 6,8 Km.

"Titik nol yang ada sekarangnya itu kearah Manado/masuk pusat kota yang jalurnya ke arah Manado bagian utara. Ada juga beberapa titik disana (Manado Utara) yang masih dianggap berpeluang untuk dibangun jalan," sambungnya.

Dijelaskan Kepel pada intinya substansi dari pembangunan tol masuk kota ini adalah penuntasan sesungguhnya jalan tol Manado-Bitung sepanjang 46 Km.

"Sebab yang ada sekarang itu panjangnya 39 Km tambah 6,8 Km jadi kurang lebih 45,8 Km. Namun, sekarang yang panjangnya 6,8 Km itu baru basic designnya nanti sesudah itu ditindaklanjuti dengan detail engenering design," jelasnya, sembari menambahkan bahwa sebenarnya basic design yang sudah terbangun ini apabila disetujui boleh ditingkatkan dengan penetapan lokasi yang tentunya diawali dengan konsultasi publik dan sosiliasasi kepada masyarakat.

Adapun diketahui pihak PU-PR masih terus melakukan rapat informal dengan para instansi terkait, yang jika tidak berhalangan pada tahun 2019 mendatang minimal sudah ada pemberitahuan tentang kepastian hasilnya. Harapan Pemprov Sulut juga berharap bahwa jalan tol akan tuntas seratus persen dikarenakan hanya satu tol yang masuk Kota Manado yakni dari tol Manado-Bitung.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 05 Maret 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional