Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Rakorda Koperasi UMKM Sulut Menuju Rakornas, Silangen: Untuk Sinergitas Program Pusat ke Daerah

Manado, detiKawanua.com - Pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemberdayaan Koperasi Usaha Mikri Kecil Menengah (UMKM) se-Provinsi Sulut yang digelar di salah satu hotel di Manado, Kamis (23/03) pagi tadi, dibuka Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Edwin Silangen (mewakili Wakil Gubernur, Steven Kandouw).

Kadis Koperasi UMKM Sulut, Happy Korah dalam laporannya mengatakan bahwa, dilaksnakannya Rakorda dimaksud dalam rangka tidak lain adalah mensinergitas program dari Pemda Kabupaten Kota dan Provinsi agar hasil 'output-outcome' bisa terlihat untuk mewujudkan koperasi yang benar-benar sehat, mandiri dan mensejahterakan rakyat.

"Kami meminta kehadiran langsung dari para kepala dinas di Kabupaten Kota karena hal ini sangat penting untuk mengambil keputusan, mengusulkan dan secara bersama-sama kita akan suarakan kepada pemerintah pusat nanti di Rakornas di DIY (Jogyakarta)," terang Korah, sembari menambahkan kenapa sangat penting dan harus dihadiri para Kadis Koperasi UKM se-Kabupaten Kota karena mendengar, mengusulkan usulan apa yang menjadi kebutuhan dan kendala dari Kabuoaten Kota.

Dalam sambutan yang dibacakan Sekprov Silangen bahwa, Pemprov Sulut memberikan apresiasi kepada para peserta yang hadir langsung kegiatan ini. Sebagaimana begitu pentingnya Rakoda pada hari ini untuk lakukan koordinasi antara program dari Kabupaten Kota, Provinsi dan Pusat.

"Ini untuk mewujudkan semua target program baik secara nasional, provinsi dan kabupaten kota. Kita sadari resource terbatas seperti contoh, akses alokasi khusus koperasi APBD dari kabupaten kota jika hanya anggaran 1 Miliar saja untuk membangun ribuan UMKM secara parsial itu sangat tidak mungkin. Minimalnya 5 Miliar," kata Sekprov.

"Dalam rapat ini, bagaimana menjadikan koperasi semakin sehat dengan menetapkan kriteria-kriteria mana yang akan didorong ke pemerintah pusat. Itulah pentingnya rapat ini dihadiri kepala dinas langsung untuk mengambil keputusan usulan," jelasnya sembari mengingatkan kembali bahwa Rakorda ini demi sinkronisasi program, sinergitas yang sejalan dengan pemerintah pusat dan provinsi.

Diakhir sambutan, Silangen berharap dalam rapat kegiatan ini bisa memformulasikan apa yang menjadi keputusan untuk sinergitas program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 22 Maret 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional