Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Penganugerahan DR HC ke Megawati Disaksikan Gubernur Olly dan 'First Lady' Sulut Rita

Jakarta, detiKawanua.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Ketua TP PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan (Isteri tercinta Gubernur Olly) telah menghadiri penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (DR-HC) bagi Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis (08/03).

Adapun Megawati mengantongi gelar Doktor HC di Bidang Politik dan Pemerintahan yang prosesi penganugerahannya berlangsung di Balairung Jenderal Rudini IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Sementara itu Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata menyatakan, gelar honoris causa ini merupakan yang pertama dianugerahkan sejak lembaga pendidikan itu berdiri sejak tahu 1956.

"Pemberian (gelar doktor honoris causa) untuk pertama kalinya sejak berdiri 1956 dengan nama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri yang didirikan Presiden RI pertama Ir Soekarno, tepatnya 17 Maret di Malang. Hari ini kita menyaksikan penganugerahan pertama," kata Ermaya dalam sambutannya.

Ermaya menerangkan, pemberian gelar atas kebijakan yang dilahirkan untuk pemerintahan saat Megawati menjadi Presiden RI. Satu di antaranya menciptakan good governance dalam pemerintahan. Selain itu juga menggagas perlunya koridor desentralisasi dalam bentuk otonomi daerah.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, telah memberikan justification bahwa otonomi daerah perlu diperkuat untuk menguatkan pemerintah," ujar Ermaya.

Selain itu, membuat mandataris yang konsisten untuk desentralisasi.
Serta konsisten mengatasi masalah pasca tuntutan reformasi.
Terutama, masalah krisis bangsa, dan utang negara oleh IMF.

"Beliaulah yang menyelesaikannya dan mengatasi gerakan disentegrasi bangsa di Papua, Aceh dan Ambon pada saat itu," ujar Ermaya, sembari mengatakan yang kemudian, melahirkan otonomi khusus Papua dan Aceh.

Megawati juga telah menanamkan landasan bagi pemerintahan yang akan datang untuk penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karenanya, tim promotor IPDN, melihat sudah tepat pemberian gelar ini kepada Megawati.

(IsJo/tim)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 08 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional