Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Panwaslu Talaud Apresiasi Kunjungan Wakapolda Sulut

Wauda : Terimakasih Yang Sebesar-besarnta Buat Pak Wakapolda.

Talaud, detiKawanua.com - Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kepulauan Talaud, Polda Sulawesi Utara kunjungi daerah Perbatasan NKRI Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mengecek dan memastikan kesiapan dari Penyelenggara Pemilihan dan pengamanan dari Kepolisian.

Kedatangan Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Johni Asadoma, MHum pada Kamis (1/3) kemarin langsung melakukan pertemuan terbatas dengan sejumlah pihak terkait di Rumah Dinas Bupati Kepulauan Talaud. Dalam pertemuan tersebut juga dilangsungkan makan bersama dengan Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange SSos MSi, Kapolres Talaud AKBP. Denny I. Situmorang S.IK, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Maftukin SH, Dandim 1312 Melonguane Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan yang diwakili oleh Kasdim Mayor (Inf) Sigfried Panaha SSos, Komisioner KPU Talaud Rahma Zakawerus dan Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS didampingi Pimpinan Panwaslu Talaud Mardyanto Bungangu SH.
Jumat (2/3), Wakapolda bersama dengan Kapolres Talaud melakukan kunjungan kerja ke KPUD Talaud kemudian diakhiri dengan kunjungan ke Kantor Panwaslu Talaud yang diterima langsung oleh Komisioner Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS, Mardyanto Bungangu SH dan Raemond Manangkabo SPd bersama dengan Staf Sekretariat Panwaslu Talaud.

"Saya hanya memastikan kesiapan Anggota Polri yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu Panwaslu Talaud dan Anggota Polri yang melakukan penjagaan disini", Kata Wakapolda Sulut Brigjen (Pol) Johni Asadoma, MHum.
Lanjut dikatakannya, selain memastikan keadaan Anggota Polri, Polda Sulut dan jajarannya juga menjalin kerjasama dan sinergitas dengan Penyelenggara Pemilihan agar Pilkada ini berjalan aman dan damai.

"Persiapan Panwaslu Sendiri dalam menangani beberapa kasus sudah menunjukan kinerja terbaik dalam proses dan alur penanganannya seperti yang sudah dibicarakan dengan Ketua Panwaslu di dalam ruangannya. Bahwa, terkait kesiapan sudah sangat kelihatan akan tetapi dalam meneruskan laporan atau temuan pelanggaran kiranya sesuai dengan Timeline aturan main kita yakni regulasi Pilkada", ujar Asadoma.
Sementara itu, Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS mengatakan Pengawas Pemilu dalam hal ini Panwaslu Talaud dan Jajaran telah siap dalam mengawal proses demokrasi berjalan sesuai dengan peraturan perundang - undangan. 

"Terkait dengan proses penanganan pelanggaran memang saat ini Kami telah memproses 9 Laporan/temuan dan ini memang kami lakukan sesuai dengan aturan main perundang - undangan. Setiap laporan/temuan kami tetap umumkan proses penangannya. Sekilas mengenai kami di Panwaslu Talaud ada yang nama Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran yang kemudian juga ada Sentra Gakumddu yanb didalamnya ada Kepolisian dan Kejaksaan", urai Wauda.
Ditambahkannya, tahapan yang paling krusial dalam Pilkada 2018 adalah tapan Kampanye Pasangan Calon dimana Pemilih akan mendapatkan pendidikan Politik. Akan tetapi, yang perlu dihindari adalah Politik Uang dan Politisasi SARA
"Saat ini di Panwaslu kami Sentra Gakumddu sementara memproses pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Tim Kampanye/Tim Sukses Pasangan Calon. Terkait dengan kunjungan kerja Pak Wakapolda, atas nama lembaga Pengawas Pemilu Panwaslu Talaud bersama jajaran mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Bapak Wakapolda Sulut yang sudah datang bertatapan langsung dan berbincang seputar pengawasan pelaksanaan tahapan Pilkada di Talaud", kata Wauda. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 02 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional