Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Niat Gubernur Olly Tersampaikan, Wakil Komisi X DPR RI: Pemahamannya Harus Sama Dalam Konteks

Manado, detiKawanua.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengungkapkan kepada wartawan bahwa pada sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulut (Olly Dondokambey), pemahamannya harus sama dulu dalam konteks UUD 1945 bahwa pemerintah provinsi merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.

"Konteks itulah kita akan melihat celahnya di UU pemerintah daerah tentang tugas kewenangan pemerintah daerah provinsi," terang Ferdiansyah, saat konfrensi pers di Kantor Gubernur Sulut usai melakukan kunjungan kerja beraama rombongan Komisi X DPR RI yang diterima langsung Gubernur Olly Dondokambey yang didampingi Sekprov Sulut, Edwin Silangen, Kamis (01/03) siang tadi.

Lanjutnya bahwa DPR RI Komisi X yang membidangi Pendidikan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga ini dalam tujuan kunjungan kerja ke Provinsi Sulut terkait masa persidangan ke-III dan telah meninjau langsung sejumlah sarana prasarana di Sulut.

"Yang jelas kita (Komisi X) melihat aturan dan akan mendorong semua usulan yang disampaikan pak Gubernur, kenapa tidak jika semua sesuai dengan aturan. Disamping itu antara pemerintah provinsi dan pusat (soal aset) bukan penyerahan (pemerintah pusat ke provinsi) namun bahasanya ikut melakukan tata pengelolaannya," jelasnya.

“Terkait dengan sektor pariwisata kami telah mengeluarkan UU Nomor 5 Tahun 2017 Didalamya juga sudah termasuk budaya apa yang menunjang Sulut, karena kita melihat ada 35 persennya orang datang berkunjung berdasarkan faktor alam,” jelasnya seraya mengungkapkan pihaknya telah menerapkan UU Nomor 3 Tahun 2017 dan Komisi X sudah ada 12 Panja.
secara simbolis pihaknya akan menyerahkan program Tahun Anggaran 2018 melalui APBN.

Sementara itu Deputi I Kementerian Pariwisata, Dadang mengungkapkan bahwa yang pertama mengapresiasikan Pemprov Sulut atas inovasi Gubernur (Olly Dondokambey) disektor pariwisata.

"Utamanya yang penting melihat potensi daerah dan jika demi kemajuan serta kesejahteraan masyarakatnya itu kita akan mendorong hal tersebut," terang Dadang.

Adapun Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE dalam pemaparanya telah menyampaikan sejumlah presentasek termasuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir tahun 2017 meningkat sangat drastis hingga 321 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada tahun 2015 yakni sebanyak 27.059 orang wisman. Dibukanya penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Cina ke Sulawesi Utara melalui lobi Gubernur Olly ke pemerintah pusat dan China adalah salah satu kunci dibalik keberhasilan itu.

"Kunjungan wisman pada tahun 2016 mencapai 48.288 orang atau melonjak drastis jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada tahun 2015 yakni 27.059 orang wisatawan dan terus meningkat pesat hingga 86.976 orang wisatawan di tahun 2017," ungkap Gubernur.

Selain itu, peningkatan jumlah kunjungan wisman juga diikuti meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara dari 1.484.402 orang di tahun 2016 meningkat menjadi 1.698.523 orang di tahun 2017. Pihaknya bersyukur dengan peningkatan kunjungan wisatawan itu. Sebab, semakin meningkatnya kunjungan wisatawan, maka sangat berdampak pula bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulut.

"Saya menyadari kunjungan wisatawan ke Sulut harus diimbangi dengan pelayanan prima kepada para wisatawan seperti wisman dari China. Hal itu dapat dicapai dengan baiknya penguasaan budaya dan bahasa.

Hadir pada kesempatan itu diantaranya Sekertaris Provinsi Sulut, Edqin Silangen beserta jajaran pejabat eselon II Pemprov Sulut serta tim rombongan Komisi X DPR RI.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 01 Maret 2018 , , , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional