Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Minus 880, BKDD Sangihe Usulkan Kuota ASN ke Kemenpan

Sekertaris BKDD Sangihe, Almunus Takalawangen.

Tahuna, detiKawanua.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe masih Kekurangan pegawai Aparat Sipil Negara (ASN) , yakni sekitar 800 lebih. Dan melalui jumlah kekurangan 880 tersebut, pihak Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) juga telah menetapkan kuota ASN yang dibutuhkan daerah,bahkan dari keseluruhan jumlah kekurangan ASN telah diusulkan pula penambahannya ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

Hal ini dibenarkan Sekretaris BKDD Sangihe, Almunus Takalawangen dikonfirmasi wartawan pekan lalu. Menurut Takalawangen, usulan penambahan ASN oleh BKDD untuk memenuhi kebutuhan dilapangan serta pengisian kekosongan sumber daya manusia dilingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sampai ke wilayah kecamatan dan kelurahan/desa. 

jelasnya, jumlah keseluruhan kebutuhan ASN yang diusulkan, masih didominasi tenaga guru dan tenaga kesehatan, terutama yang akan ditempatkan di wilayah terpencil dan pulau-pulau.”Memang kita masih membutuhkan ASN sebanyak 880, terutama untuk kalangan pengajar (Guru) dan tenaga medis, termasuk tenaga teknis. Untuk jumlah 880 juga telah menjadi kuota kebutuhan daerah yang telah diusulkan penambahannya ke Kemenpan ”kata Takalawangen. 

Meski telah mengajukan permohonan penambahan ASN, Takalawangen tak menepis kalau saat ini pemerintah belum mencabut moratoirum menerimaan ASN, hanya saja ia optimis permohonan Sangihe akan dipertimbangkan, apalagi Kabupaten Sangihe telah memenuhi syarat dari sisi perekrutan ASN, yakni anggaran belanja pegawai di APBD yang berada dibawa 50 persen serta ditunjang dengan kondisi topografi wilayah perbatasan dan kepulauan yang notabenenya sangat membutuhkan ASN.

”Memang Menpan belum memberikan petunjuk terkait usulan penambahan ASN, tapi dari sisi persyaratan kita suda memenuhi dengan jumlah belanja pegawai di APBD yang sudah dibawa 50 persen,”ujarnya.(js)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 19 Maret 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional