Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

'Manado Berevolusi' Ada Kota Lama dan Baru di Wilayah Tuminting Bakal Jadi Kawasan Elit

Manado, detiKawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sangat merespon masuknya para pengusaha/investor yang akan melakukan investasi pembangunan di Bumi Nyiur Melambai ini tepatnya di wilayah pesisir Pantai Utara (Kota Manado) dijadikan pembangunan kawasan elit seperti menjadi 'kota baru' yang nantinya menjadi pusat bisnis, perdagangan dan pengembangan pariwisata. Demikian dikatakan Kepala Biro Ekonomi dan SDA Setdaprov Sulut, Frangki Manumpil kepada wartawan, Jumat (02/01).
"Jika ini terwujud maka akan terjadi namanya evolusi kota, ada kota lama dan kota baru. Ini akan menjadi kawasan yang elit namun, penembang juga harus memperhatikan dari segi lingkungan artinya kita bisa membangun tapi tidak merusak lingkungan sekitarnya," terangnya.

Adapun disisi lain dikatakan Manumpil, untuk dampak perekonomiannya bermanfaat ekonomi ketika ada investasi yang masuk pertumbuhan ekonomi di Sulut akan bangkit juga terbukanya lapangan kerja yang besar dengan nilai investasi dan infrastruktur yang mendongkrak ekonomi.

"Namun yang paling disini adalah bagaimana dampak sosial. Apakah pembangunan ini bisa diterima masyarakat sekitar apalagi banyak masyarakat disekitar itu sumber mata pencahariannya nelayan, termasuk budaya mereka juga karena tempat mereka bersosialisasi dipesisir pantai, bagaimana untuk menukar informasi dan tempat santai juga mereka memerlukan tambatan perahu untuk mereka jadi pengembang juga harus menyediakan itu," jelas Manumpil, sembari menambahkan bahwa pengembang juga harus menyediakan ruang (ada kawasan untuk masyarakat) tidak semua akan direklamasi.

Diketahui pada Jumat siang tadi telah ada pertemuan antara pihak 'calon' investor bersama Pemprov Sulut. Dimana 6 investor ( PT Lumba-lumba Utara, PT Karang Ria Perkasa, PT Mutiara Teluk Manado, PT Manado Sindulang Indah, PT Mamguni Jaya Perkasa, PT Berkat Bersama Manado,) yang bergerak di Bidang Centre Businnis dan Wisata itu berencana menggarap wilayah pesisir pantai bagian utara Kota Manado di Kecamatan Tuminting yang informasinya telah mengantongi rekomendasi Walikota Manado, dengan Luas lahan 200 Ha yang 16 persennya adalah milik pemerintah.

Hadir pula sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut diantaranya, Kepala Bappeda Ricky Toemandoek, Kepala Dinas Lingkungam Hidup Marly Gumalag, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Hendrik Kadjili, Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Ronald Sorongan serta sejumlah petinggi PT Membangun Sulut Hebat (MSH)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 02 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional