Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Kodam XIII Mdk Melalui Dharma Pertiwi Siap Perangi Bahaya Narkoba

Manado, detiKawanua.com - Dalam rangka perayaan HUT Dharma Pertiwi ke-54 dan HUT Persit Kartika Chandra Kirana Ke-72 tahun 2018, pengurus Dharma Pertiwi Daerah M melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya ceramah tentang bahaya Narkoba bagi anggota Dharma Pertiwi Daerah M dan anggota Persit KCK Daerah XIII/Merdeka serta para siswa dan siswi SMP dan SMA se-Kota Manado di Aula Grahadika Jaya Sakti Kodam XIII/Merdeka, Kamis (08/03).

Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Ny Atie Ganip Warsito dalam sambutannya pada kegiatan ceramah ini antara lain mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kepedulian dan komitmen terhadap kondisi maraknya peredaran narkoba saat ini serta bahaya yang ditimbulkannya.

“Kita semua patut mewaspadai bahaya peredaran dan dampak yang ditimbulkan oleh narkoba khususnya bagi kalangan pelajar di kota ini.”ujar Atie (sapaan akrabnya Isteri dari Pangdam Ganip Warsito)

Dirinya juga menegaskan bahaya laten narkoba saat ini sedang merambah usia produktif dan generasi muda, dimana kata dia kerusakan yang ditimbulkan oleh narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan moralitas serta dapat menyebabkan kematian.

"Saya mengajak kita semua peduli terhadap nasib generasi muda terhadap ancaman dan bahaya penyalagunaan narkoba dengan turut mencegah peredaran dan penyalagunaannya di kalangan siswi dan siswa SMP-SMA," ungkapnya sembari mengingatkan bahaya ancaman narkoba bagi generasi muda juga berdampak pada penularan virus HIV, AIDS pergaulan bebas dan gangguan jiwa.

Disisi lain, Atie juga mencermati kondisi yang sangat memprihatinkan ini dan berharap ancaman tersebut disikapi oleh seluruh lapisan masyarakat didaerah ini khususnya dilingkungan sekolah yakni orang tua, para guru serta seluruh komponen yang terkait dengan dunia pendidikan di daerah ini.

"Mengingat bahaya dan ancaman yang ditimbulkannya,maka saya berharap seluruh pengurus dan anggota Dharma Pertiwi Daerah M bersama-sama menyatakan perang terhadap narkoba,” tandas Ketua Dharma Pertiwi Daerah M itu seraya menambahkan bahwa perlawanan terhadap narkoba harus dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing termasuk mewaspadai dampak negatif dari penggunaan Handphone berbasis Android dikalangan anak-anak.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI, Ganip Warsito yang juga Pembina Dharma Pertiwi Daerah M dalam sambutannya, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ceramah tentang bahaya Narkoba ini, dimana kegiatan ini sangat relevan dengan upaya Pemerintah terkait dengan keluar dari kondisi darurat Narkoba yang kini disandang oleh Indonesia.

"Negara kita masuk kondisi darurat Narkoba untuk hal itu dibutuhkan seluruh komponen bangsa untuk keluar dari situasi ini, termasuk anda sekalian yang hadir pada saat ini.”ungkap Ganip sambil menegaskan sangat prihatin atas banyaknya kasus kriminal dan kematian usia potensi yang disebabkan oleh kecanduan penggunaan narkoba dan obat keras dan terlarang lainnya termasuk akibat menghirup lem Ehabon.

Ganip menambahkan ironisnya narkoba merupakan satu ancaman bangsa yang lebih berbahaya dari bahaya laten, dimana serangan dan ancaman bahaya dan peredaran narkoba kini mengarah kepada generasi muda dari berbagai kalangan dengan beragam modus operandinya.

"Oleh sebab itu diperlukan strategi dan kreatif dari para stakeholder yakni BNN, Kepolisian, aparat hukum lainnya, para guru dan orang tua. Selain upaya teknis dan non teknis, upaya untuk menangkal bahaya dan ancaman terhadap bahaya narkoba juga perlu dilakukan dengan pendekatan kerohanian dan kekeluargaan," tandas Ganip sambil menambahkan perang terhadap narkoba harus dilakukan secara keseluruhan stakeholder secara berkesinambungan khususnya bagi ibu-ibu sebagai benteng utama dalam menangkal keluarga dari narkoba.

(IsJo/Bag.Penerangan Kodam XIII/Mdk)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 15 Maret 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional