Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Juli Nanti, Dikbud Boltim Bakal Lakukan Proses Belajar Paket ABC

Kepala Dikbud Boltim, Yusri Damopolii.

Boltim, detiKawanua.com - Sekitar Dua Ribu Tujuh Ratus warga belajar di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Juli mendatang bakal mengikuti proses belajar paket A B C. Ini bagian dari program pemerintah guna peningkatan mutu pendidikan dan salah-satu penuntasan kemiskinan dalam dunia pendidikan, yang tertuang dalam visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Boltim menuju masyarakat yang cerdas mandiri dan sejahtera.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii bahwa, ini termasuk peningkatan mutu pendidikan menuju masyarakat cerdas mandiri berwawasan laus dan sejahtera dalam visi-misi Bupati Boltim. Dari 2700 warga sekolah yang masuk di paket A B C itu, ada bermacam jenjang baik umur dan tingkatan jenjang sekolah. ini gratis untuk sekolah.

"Tentu, sesuai dengan aturan. Sebab, sebelumnya ada free tes sesuai standar. Karena, tingkat kemampuan IQ mereka tidak sama walaupun memang ada yang dalam satu jenjang pendidikan. Misalnya, untuk paket C kelas dua namun, kemampuan atau kapasitas IQnya di atas nilai rata-rata maka, dibolehkan duduk di kelas tiga. nah, hasil tes tersebut menentukan layaknya duduk di kelas berapa," jelas Yusri.

Sementara dalam proses perekrutan atau pendataan warga sekolah dimaksud, kata Yusri, kita sementara dalam proses. Jika sudah rampung maka, bulan Juli nanti proses belajarnya dilakukan.

"Kita rencanakan ada 10 titik kelompok belajar. Pertama kita prioritaskan di desa terjauh dari ibu kota kabupaten diantaranya, desa Kokapoy kecamatan Moaat, Desa Balukut kecamatan Motongkad, desa Bukaka kecamatan Kotabunan. Dan di ibu kota kecamatan-kecamatan yang ada di Boltim," ujarnya.

Lanjutnya menambahkan, pada tahun ini juga pihaknya sudah berencana membangun dua gedung sekolah baru.

"Ini prioritas kita rencakan bangun Sekolah Dasar (SD) di desa Bulawan kecamatan Kotabunan, 3 RKB senilai Rp 500 juta dari anggaran DAU. Serta SD di desa trans Balukut kecamatan Motongkad juga 3 RKB dengan dana sekira Rp 500 juta dari sumber anggaran APBN. Kita tunggu hasil tim analisis pendiriaan sekolah baru. Tahun ini kita upayakan," terang Yusri, kepada awak media diruang kerjanya, Kamis (15/03).

Disamping itu, Dia mengajak warga melalui Pemerintah desa (Pemdes) mari belajar dan faham akan pendidikan. karena, pendidikan adalah utama bagi kita semua.

"Saya mengajak melalui Pemdes untuk mendorong sekaligus memotivasi kepada warga belajar untuk faham soal pendidikan demi, meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Boltim. Pendidikan adalah hala yang utama dalam menunjang kehidupan kita," imbaunya, siang tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 15 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional