Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Gumalangit Resmi Buka Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Internal dan LHKPN

Wabup Rusdi saat buka resmi sosialisasi pengawasan internal dan LHKPN.

Boltim, detiKawanua.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs. Rusdi Gumalangit, Selasa (13/03) secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Piagam Pengawasan Internal (Intern Audit Charter/IAC), sekaligus sosialisasi LHKPN kepada penyelenggara Negara dan cara pengisian E-LHKPN.

Pada kesempatan tersebut, Rusdi Gumalangit menerangkan bahwa, Piagam Pengawasan Internal merupakan dokumen formal yang menjabarkan tujuan, wewenang dan tanggungjawab dari unit audit internal, atau suatu organisasi dalam hal ini Instansi berwenang di bidang pengawasan Internal antara lain BPKP dan Inspektorat daerah.

Sementara, Standard Audit Intern yang diterbitkan oleh asosiasi auditor intern Pemerintah Indonesia (AAIP tahun 2013), kata Wabup, telah mengatur dalam prinsip-prinsip dasar audit, menjelaskan visi-misi, tujuan, kewenangan dan tanggungjawab Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), harus dinyatakan secara tertulis dan disetujui oleh pimpinan organisasi kementrian, lembaga, pemerintah daerah, serta ditandatangani oleh pimpinan APIP sebagai Piagam Audit Pengawasan.

"Mandat yang tertuang dalam piagam audit, akan mempermudah bagi auditor internal dalam menjalankan pekerjaan mereka. Karena, manajemen dan pihak lainnya, dapat memahami sendiri tugas dan tanggung jawab auditor melalui program itu," jelas Gumalangit.

Lanjutnya, berangkat dari pemahaman tersebut, sosialisasi ini penting untuk dilaksanakan. selain itu, wajib hukumnya untuk dipahami dan dilaksanakan dengan tanggungjawab, oleh pihak terkait yang berkepentingan, baik sebagai auditor maupun sebagai auditan (Objek Pemeriksaan), "terkait sosialisasi LHKPN dan cara pengisian e-LHKPN, Wabup mengatakan bahwa sesuai Undang-Undang yang mengaturnya. maka, wajib bagi seluruh ASN di lingkup Pemerintahan Kabupaten Boltim, untuk menyampaikan laporan harta kekayaannya," ujar Gumalangit. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 13 Maret 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional