Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Gerakan Kemanusiaan, Serentak Pangdam Ganip dan 1000 Jajaran Kodam XIII/Mdk Donorkan Darah

Manado, detiKawanua.com - Bertujuan mendukung program kemanusiaan sekaligus membantu ketersediaan/stok darah bagi orang yang membutuhkan, maka jajaran Kodam XIII Merdeka pada Kamis (01/02) pagi tadi bertempat di Halaman Lapangan Tenis Makodam XIII Merdeka, secara serentak melakukan kegiatan donor darah dalam rangka HUT Persatuan Isteri Prajurit (Persit) ke-72 dan Dharma Pertiwi ke-54 Tahun 2018. Adapun kegiatan tersebut diawali dengan pengambilan darah oleh Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dan serentak diikuti jajarannya.

Dalam sambutan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ibu Atie Ganip Warsito mengatakan bahwa kegiatan donor darah tersebut diikuti sekitar 1000 orang yang terdiri dari Persit KCK=300 orang, Jalasenatri=10,Pia Ardhya Gharini=7, IKKT=2, Staf Umum Kodam XIII/Mdk, Polisi Militer Kodam (Pomdam), Badan Pembina Administrasi Veteran Cadangan (Babinminvetcad), Pembinaan Mental (Bintaldam), Zeni Kodam (Zidam), Perhubungan Kodam (Hubdam), Peralatan Kodam, Pembekalan dan Angkutan (Bekangdam), Jasmani Kodam (Jasdam), Keuangan Kodam (Kudam), Penerangan Kodam (Pendam), Informasi dan Pengolahan Data (Infolahtadam), Ajudan Jenderal (ajendam), Topografi Kodam (Topdam), Kesehatan Kodam (Kesdam), Rumkit TK III, Sandidam, Setumdam, Detasemen Markas (denmadam), Deninteldam, Pusat Komando dan Pengendalian Operasi Kodam (Puskodalopsdam), Lantamal VIII, FKPPI, Basarnas, Simpatisan Gojek, dan masyarakat.

Ketua Persit KCK juga mengungkapkan bahwa sejumlah kegiatan lomba yang telah dilaksanakan seperti, Volly Ball, Tenes Meja, Tari Tobelo, Menjahit Baju Daerah, Lomba Posyandu, Bayi dan Rumah Sehat. Dimana, untuk kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan seperti, Menyanyi Solo dan Duet, Tarian Penyambutan, Ceramah Narkoba, Tes IVS, Anjangsana, Ziarah yang dilaksanakan pada puncak acara perayaan  HUT Persit.

Dimana harapan tertuang dari Ketua Persit KCK pada HUT kali ini bahwa Persit kedepan semakin maju, semakin pintar, mandiri dan lebih meningkatkan kreatifitas guna mendukung perkembangan organisasi.

Sementara itu dalam sambutan Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya pada pagi hari ini kita dapat hadir di tempat ini untuk mengikuti acara Donor Darah dalam rangka Memperingati HUT ke-54 Dharma Pertiwi dan HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kegiatan donor darah yang diseleng-garakan Kodam XIII/merdeka sudah yang ke 3 kali selama kodam ini berdiri. Donor darah merupakan salah satu Program Budaya Nasional dan merupakan perbuatan  yang sangat mulia, yang menuntut adanya ketulusikhlasan, baik dari penyumbang darah maupun dari penerima darah.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta hadirin sekalian yang saya hormati, donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang kita miliki untuk disumbangkan dan sewaktu-waktu dapat dipakai dalam proses  transfusi darah. Donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Penelitian menyebutkan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat menurunkan resiko kejadian serangan jantung koroner sampai 1/3 kali, terutama pada pria. Beberapa keuntungan lain dari donor darah secara rutin adalah menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, dan mening-katkan kadar HDL (kolesterol baik).
Kegiatan donor darah yang dilak-sanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-54 Dharma Pertiwi dan HUT Ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana ini meru-pakan wujud nyata dari sikap kepedulian, rasa kebersamaan dan kesetiakawanan terhadap sesama, karena setetes darah yang anda berikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

Tentunya kegiatan seperti ini harus terus kita bangun. Dengan menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, diharapkan bisa menanamkan nilai sosial pada diri pribadi kita.

Berkenaan dengan acara donor darah ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada peserta donor darah dari Lanudsri, Lantamal dan Persit KCK serta Pns  yang proaktif  dalam mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan, kepedulian, semangat kekeluar-gaan dan makna luhur silaturahim seperti yang kita laksanakan pada hari ini dapat terus kita tingkatkan, sehingga menjadi bagian dari jati diri dan identitas kita.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasdam XIII/Merdeka, Danlantamal VIII/Manado, Danrem 131/Santiago Dam XIII/Merdeka, Danlanudsri Manado, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka sekaligus Ketua Dharma Pertiwi Daerah M beserta Pengurus, Ketua Jalasenastri Koorcab Lantamal VIII/Manado, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 10 Lanudsri Manado, pejabat teras Kodam XIII/ Merdeka, Lantamal VIII dan Lanudsri Manado, Tim Dokter dan Paramedis, para Prajurit dan PNS TNI serta segenap ibu-ibu Dharma Pertiwi.

(IsJo/Bag. Pengdam XIII Mdk)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 02 Maret 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional