Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Usul 25 Kursi DPRD Talaud, Panwaslu Hadiri Rakor KPUD Bersama Stakeholder.

Talaud, detiKawanua.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Talaud laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tentang 'Uji Publik dan Penataan Daerah Pemilihan DPRD Kabupaten dengan Stakeholder'. Kegiatan tersebut, menghadirkan Komiosioner Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS, Mardyanto Bungangu SH dan Raemond Manangkabo SPd, Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Perwakilan Pemkab Talaud, DPRD Talaud dan Tokoh Masyarakat Talaud serta Komisioner KPU Talaud Dra. Velma Sumee, Kader Talenggoran S.IP dan Rahma Zakawerus. Rakor berlangsung di Aula Cendrawasih Melonguane, Sabtu (9/2).

Menghadiri Undangan KPU Talaud Nomor : 35/PL.01.3-Und/03/Kab/II/2018 Tertanggal 8 Februari 2018, Ketua Panwaslu Yalaud Jekman wauda SS mengatakan dalam rangka uji publik usulan daerah Pemilihan Kabupaten/Kota dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

"Melalui kegiatan ini stakeholder yang diundang oleh KPUD Talaud dapat memberikan kontribusi pendapat/tanggapan berupa kritikan atau masukan yang membangun dalam rangka penyempurnaan usulan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Anggota DPRD Pemilu 2019 mendatang", ungkap Wauda dalam kesibukannya.

Menurut Wauda, Sesuai dengan DAK2 atau Jumlah Penduduk Kabupaten Kepulauan Talaud yang tersebar dalam 19 Kecamatan sekira 100.753 Penduduk. Sehingga dengan ini Kabupaten Talaud dalam pengusulannya tidak bisa diusulkan untuk menambah Dapil Karena Jumlah penduduk belum berkisar di angka 200ribuan. Akan tetapi jumlah Penduduk ini bisa menambah jumlah alokasi kursi di DPRD.

"Terkait dengan alokasi kursi, sebelumnya DPRD Talaud hanya boleh didusuki oleh 20 Anggota, dalam Rakor kali ini KPUD dan Stakeholder membicarakan usulan 25 Kursi yakni Dapil 1 Kecamatan Beo, Beo Utara, Beo Selatan, Rainis, Pulutan, Melonguane Timur dan Melonguane mendapat 10 Kursi dari Jumlah Penduduk sekira 43.944 Orang. Sedangkan, Dapil 2 Kecamatan Gemeh, Essang, Essang Selatan, Tampan'Amma, Nanusa dan Miangas mendapat 7 Kursi dari jumlah penduduk sekira 26.181 Orang. Kemudian, Dapil 3 Yakni Kecamatan Salibabu, Moronge, Lirung, Kalongan, Kabaruan dan Damau mendapat 8 Kursi dari 33.165 Jumlah Penduduk di Dapil tersebut", jelas Wauda.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Talaud Mardyanto Bungangu SH menambahkan bahwa 6 Pulau besar di Talaud yang berpenghuni dibagi menjadi 3 Dapil untuk pelaksaan Pemilu di Tahun 2019 mendatang dalam mengisi 25 kursi di DPRD Talaud.

"Peran kita dalam mempelajari usulan KPUD Talaud ini sesuai dengan aturannya memang sudah sangat sesuai tetapi perlu menelaah bagaimana kesiapan Pemkab Talaud dalam memberikan dukungan teknis terkait dengan penganggaran untuk pelaksaan tata Pemerintahan dan juga kesiapan dalam Tahapan kepemiluan", tambah Bungangu. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 11 Februari 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional