Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Unsrat Memilih, Termasuk Dua Gender Kalalo dan Sumbu Warnai Pilrek

Manado, detiKawanua.com - Dekan Fakultas Hukum Unsrat Manado, Dr Flora Kalalo mengungkapkan bahwa motivasi dirinya ingin maju mengikuti peroses pemilihan calon Rektor (Pilrek) Unsrat periode 2018-2022 pada intinya merasa terpanggil ingin mengabdi, membangun dan membesarkan Unsrat kedepan untuk lebih baik.

"Kedepan menginginkan BLU (Badan Layanan Umum) benar-benar diterapkan sebagaimana mestinya dalam aturan. Dari segi keuangan tentu transparansi, fleksibel, serta juga akan meningkatkan menggali potensi sumber daya yang ada di Unsrat," terang Kalalo, kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (07/02).

Dirinya juga mengatakan bahwa akan semakin fleksibel lebih mandiri dari pemerintah yang sudah dibawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan kemenristekdikti namun tetap monitoring Kementerian RistekDikti.

"Falsafah Si Tou Timou Tumou Tou sangat jauh dari Unsrat, dan bukan hanya melihat mahasiswa sebagai objek tapi merata menikmati semua fasilitas seimbang dengan yang mereka terima," ungkapnya sembari menambahkan dimana selama ini model-model yang ada tertalu semtralistik.

Sementara itu, Prof Telly Sumbu menyampaikan bahwa sebagai guru besar, dirinya berkeinginan untuk menata Unsrat. Baik dari sisi kelangsungan akademik dan keuangan Unsrat serta mewujudkan program studi meraih akreditasi A.

“Apa yang baik yang dilakukan oleh kepemimpinan saat ini akan dilanjutkan. Sementara saya sendiri, punya sasaran kerja, yaitu menata pengelolaan keuangan sesuai aturan yang berlaku. Terutama mengantisipasi Tuntutan Ganti Rugi yang sempat menyeruak. Inilah yang menjadi komitmen saya,” ungkap Sumbu yang mengawali karirnya di Unsrat sejak 1986.

Selain keduanya, Prof Dody Sumajow Meng dan Ketua Jurusan Arsitektur Fakultas Tekni Dr Judy O Waani, juga sudah mendaftar.

“Panitia masih membuka kesempatan mendaftar sampai tanggal 9. Kemudian akan dilanjutkan ke tahapan penjaringan, penyaringan hingga pemilihan,” kata Berhimpon.

Adapun persyaratan untuk Bakal Calon Rektor Universitas Sam Ratulangi periode 2018 – 2022 (Permenristekdikti No 19 Tahun 2017 den Tatib Pemilihan Raktor Unsrat Periode 2018-2022), yakni:
A. Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai Dosen dengan jenjang akademik paling randah Lektor Kepala.

B. Beriman dan benaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

C. Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat berakhimya masa jabatan Rektor yang sedang menjabat. Memiliki pengalaman manajerial.
1. Paling rendah sebagai Ketua Jurusan atau sebutan Iain yang setara. atau Ketua Lembaga paling singkat 2 (dua) tahun dl Perguruan Tinggi Negeri: atau
2. Paling rendah sebagai pejabat Eselon Ila di lingkungan instansi pemerinlah pusal maupun daerah

D. Bersedia dicalonkan menjadi rektor.

E. Sehal jasmani dan rohani; bebas narkotika. prekursor. dan zat adiklif lainnya.

F. Setiap unsur penilaian preslasi kerja pgawai paling rendah bemilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

G. Tidak sedang menjalani tugas belajar atau izin belajar Iebih dan‘ 6 (enam) bulan yang meninggalkan tugas tridharma perguruan tinggi.

H. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.

I. Tidak pemah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang lelah memiliki kekualan hukum tetap,
J. Berpendidikan Doklor (S3).

K. Tidak pemah melakukan plagiat sebagaimana dialur dalam kelentuan peraturan perundang-undangan dan telah membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Berikut tahapan Pilrek Unsrat :

Tahapan Penjaringan:
1. Pembentukan Panitia/SK Panitia oleh Senat Unsrat, 15 Januari 2018
2. Rapat Panitia, 16 Januari 2018
3. Sosialisasi , 17-31 Januari 2018
4. Pendaftaran bakal calon Rektor, 1-9 Februari 2018
5. Perpanjangan pendaftaran, apabila belum mencapai minimal 4 orang bakal calon, tanggal 12-20 Februari 2018.
6. Seleksi administrasi, 21-22 Februari 2018
7. Penetapan bakal calon , 23 Februari 2018
8..Penyerahan nama-nama bakal calon, minimal 4 bakal calon kepada Senat Unsrat, tanggal 26 Februari 2018.
9. Pengumuman nama bakal calon Rektor, pada 26-28 Februari 2018.

Tahapan Penyaringan
1. Penyampaian visi, misi dan program kerja, 1-8 Maret 2018
2. Penilaian dan pemilihan calon rektor, 1-8 Maret 2018
3. Penetapan calon Rektor, 1-8 Maret 2018
4.Pengiriman 3 nama calon rektor kepada menteri, 9-15 Maret 2018
Diketahui tahapan Pemilihan Rektor oleh Senat Unsrat dan Menristekdikti, 2-13 April 2018. Penetapan dan Pelantikan Rektor Unsrat Periode 2018-2022 oleh Menristekdikti, 27 Juli 2018.

(IsJo/tim)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 07 Februari 2018

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional