Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Mengenakan Pakaian Adat Lengkap, Bupati Landjar Hadiri Acara Tulude


Boltim, detiKawanua.com - Bupati kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar SH, didampinggi Ibu Nursiwin Dungio menghadiri acara upacara adat Tulude, yang di desa Dodap Induk, Kecamatan Tutuyan. Bupati mengenakan pakaian adat lengkap, beserta rombongan dijemput dengan adat tarian salo dari Nusa Utara, yang terhimpun dalam Adat Tulude pada, Kamis (8/02) dengan penuh kemeriahan.
Bupati dalam sambutanya menyampaikan, sudah kelima kalinya Pemerintah kabupaten (Pemkab) melaksanakan adat Tulude seperti ini.



"Kami sudah lima kali menjalankan budaya adat  tulude. sehingga, Saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan digelarnya adat tulude seperti ini. apalagi kali ini, lengkap dengan beragam rangkaian yang berhubungan dengan kebudayaan dari leluhur Nusa Utara," terang Bupati.
Bupati Landjar, menambahkan bahwa apa yang menjadi kebudayaan, juga merupakan bagian dari adat dan budaya Bolaang Mongondow yang harus dijunjung tinggi serta dipertahankan. Sehingga, ditahun-tahun akan datang pemerintah bisa menganggarkan kegitan yang berkaitan dengan budaya.


"Hari ini saya meminta, mendorong serta menganjurkan untuk bagaimana kita menjadi orang yang profesional, menjaga silahturahim dengan seluruh masyarakat di Boltim," ujar Bupati.


Bupati juga mengajak agar, seluruh masyarakat bisa mecairkan sesuatu yang beku dalam hati, menghilangkan perbedaan, dan satukan rasa persaudaraan.


"Meskipun berbeda, akan tetapi kita Indonesia, kita adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa. untuk itu, marilah kita senantiasa menjaga kehormatan bangsa dengan mengutamakan kejujuran dan saling memaafkan. karena, sesungguhnya tidak ada berkat kalau tidak ada perdamaian. Saya berterima kasih kepada masyarakat Boltim keturunan dari Nusa Utara, yang turut mendukung pembangunan di Boltim, hingga masa periode Saya yang kedua ini," ungkap Bupati.

Kegiatan adat tulude ini, dirangkai dengan penyerahan asuransi nelayan juga penyaluran bantuan, seperti santunan dana duka dan dana bantuan pengobatan, oleh Dinas Perikanan Boltim. 
Hadir dalam kegiatan tulude tersebut, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Herson Mayulu dan segenap jajaran. para pejabat serta SKPD di lingkup Pemkab Boltim, Kapolsek se-Kabupaten Boltim, Danramil, para Camat, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat serta seluruh masyarakat desa Dodap bersatu dan desa tetangga lainnya. (Fidh/Adve)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 09 Februari 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional