Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Launching Perdana Event Calender, Wagub: Sulut Rangking Pertama Presentase Nasional Peningkatan Turis

Manado, detiKawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut terus menggenjot sektor pariwisata di kabupaten kota sebagai daerah yang mempunyai wilayah  pariwisata. Seperti yang dikatakan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat sambutan dikegiatan perdana/pertama di Sulut 'Launching Calender of Event North Sulawesi 2018' di Hotel Peninsula Manado, Selasa (27/02) pagi tadi bahwa pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara sejak tahun 2015-2016, dan 2017 hingga 2018 sekarang ini secara sensasional mengalami peningkatan 1000 persen dengan data kenaikan 300 persen dari Badan Pusat Statistik (BPS), dimana hal tersebut membuat Sulawesi Utara meraih peringkat pertama nasional dari segi presentase.

"Kata lain kalau pariwisata digarap dengan serius, bisa jadi tulang punggung pendapatan (sumber PAD) kita. Bagaimana dengan Sulut dari akses stability nilailinya 7,5 karena kita adalah kota yang mempunyai akses langsung penerbangan luar untuk ke Indonesia juga di bagian timur dengan 12 kota," terang Wagub, sembari menambahkan bahwa sekarang terdapat penerbangan (Badara Sam Ratulangi) dalam satu bulan hingga 7 kali.

"Mudah-mudahan ada juga dari Singapura bisa dibuka seperti Air Asia. Sekarang lagi dilobi pak Gubernur (Olly Dondokambey), tinggal bagaimana lagi diusahakan adanya penerbangan dari Jepang, Manado kemudian ke Bali," ungkapnya.

Adapun wagub meminta bagi kabupten kota untuk tidak bosan-bosannya dalam mempromosikan destinasi pariwisata didaerah masing-masing.

"Ini demi daerah kabupaten kota sendiri juga. Saya juga nanti akan bantu berkoordinasi dengan bupati soal anggaran yang perlu ditambahkannya untuk dinas di sektor pariwisata, namun itu juga (anggaran) tidak menghalau menjadi tekad kita dalam memajukan sektor pariwisata," tandas Kandouw.

Sementara itu dalam laporan kegiatan Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Daniel Mewengkang bahwa pada dasarnya kegiatan ini adalah pelaksanaan program pemerintah Sulut melalui Dinas Pariwista tahun 2018, kedua sebagai ajang mempromosikan dan singkronisasi sektor pariwisata bersama kabupaten kota, meningkatkan kedatangan turis, serta hasil yang diharapkan dengan menetapkan kegiatan event calender dimaksud.

Diketahui awal bulan Februari ini sudah mencapai 14.000 dan diprediksikan akhir bulan meningkat jadi 20.000 dengan penerbangan Cina-Manado. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para wakil bupati dan sekertaris kabupaten kota beserta jajaran kepala dinas Pariwisata di Sulut.


(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 27 Februari 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional