Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

KPU Minahasa Gelar Bimtek Pelatihan Agen Sosialisasi PILKADA 2018

Tinangon: Optimalkan Partisipasi untuk PILKADA di ‎Minahasa.

Manado, detiKawanua.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan agen Sosialisasi, guna sukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 nanti, Sabtu (24/02) tadi, tempat pelaksanaan di Hotel Lion & Plaza Manado.

Kegiatan Bimtek yang dinarasumberi Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon, ini, bersama Moderator Dr. Stella Sompie, SH, M.A.P, dalam pemaparannya menyampaikan, Bahwa telah diatur lewat PKPU no 8 tahun 2017, tentang sosialisasi dan partisipasi masyarakat, yang salah satu tujuannya untuk menyebarkan informasi, jadwal, dan program pemilihan.

"Jadi, tugas dari agen informasi adalah meningkatkan pengetahuan pemahaman dan kesadaran masyarakat, tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih," terang Tinangon.

Tambahnya, Tugas Agen sosialisasi bukan saja meningkatkan Partisipasi, namun harus berkualitas, bukan datang di TPS tapi suaranya jadi rusak, atau dipengaruhi oleh pihak lain. Karena dalam hal ini, masyarakat masih terkesan cuek dan tidak perduli jika ada hal yang mungkin merugikan seperti kecurangan dan lainnya.

"Sasaran sosialisasi pemilihan adalah Keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, dan kaum marjinal, seperti Komunitas, keagamaan, relawan demokrasi, warga internet netizen, Masyarakat umum, media massa dan lainnya," jelasnya.

"Kami sebagai Komisioner Berharap agen sosialisasi dapat meneruskan informasi sampai kepada masyarakat, dan Sosialisasi kiranya bisa optimal dan dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih," tandas Ketua KPU Minahasa.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab terkait sosialisasi. Diketahui, hadir pada kesempatan ini Komisioner Dra. Wiesje Wilar, M.Si, Dicky Paseki SH, MH, Kristoforus Ngantung S.Fils, dengan peserta perwakilan perempuan, Pemilih Pemula, dan Media Center KPU Minahasa. (Ndy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 25 Februari 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional