Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

KPK dan Tim Saber Pungli 'Bidik' ADD, Kandouw Ingatkan Jajaran Pemerintah Desa

Minahasa, detiKawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut menseriusi persoalan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dinilai tidak sesuai aturan dan peruntukannya. Dimana hal tersebut oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pun selalu tidak bosannya mengingatkan kepada segenap pemerintah desa dan aparatnya.

Seperti halnya yang ditegaskan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dalam kegiatan 'Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Tahun 2018' yang digelar di Gedung Olahraga Tondano-Minahasa, Senin (26/02), dimana Wagub pun mewarning kepada seluruh aparat desa (di Minahasa) untuk hati-hati tidak menyalahgunakan ADD.

"Dampaknya langsung bermasalah dengan hukum. Tidak sedikit aparat desa yang terjerat hukum hanya karena penyalahgunaan ADD, bahkan salah dalam pengelolaan administrasi saja itu berbahaya," ingat Kandouw sembari berharap aparat desa di Minahasa mampu bekerja maksimal dan harus berintegritas sesuai tugas dan tanggungjawabnya dalam membangun desa.

Wagub juga mengungkapkan bahwa anggaran desa (ADD) sekarang itu kurang lebih Rp.277 Milyar bagi pemerintah desa di Minahasa dan pengelolaannya harus jelas serta mampu dipertanggungkawabkan secara baik dan benar.

"Jangan sampai terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) baik dari pihak KPK maupun Tim Saber Pungli dan aparat hukum lainnya karena akibatnya merugikan diri sendiri juga keluarga maupun masyarakat banyak," terangnya.

Dimana data yang diperoleh dari KPK menurut Wagub, dari 100 persen data penyalagunaan ADD, 80 persen data laporannya diterima dan ditindaklanjuti KPK itu berasal/bersumber dari laporan masyarakat.

"10 persennya laporan dari LSM, sedangkan 10 persen sisanya secara langsung atau OTT. Oleh karena itu melalui bapak Gubernur juga menghimbau kepada para aparat desa bekerjalah secara baik, karena tidak menutup kemungkinan ada hasil baik yang dicapai, namun disisi lainnya ada pihak yang juga merasa iri dengki atas kesuksesan tersebut. Terkait dengan kegiatan ini juga, angka indeks kemiskinan kita turun tapi angka pengganguran naik," ujarnya.

Adapun pada kesempatan itu juga Kandouw tidak lupa menghimbau kepada para peserta yang hadir, untuk mensukseskan ajang Pilkada serentak di Kabupaten Minahasa, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib, serta gunakanlah hak pilih secara proporsional dan bertanggung jawab.

Hadir mendampingi Wagub Kandouw pada kesempatan itu diantaranya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM-PD) Sulut, Roy Mewoh, Sekda Minahasa Jefry Korengkeng , Asisten 1 Minahasa Denny Mangala, para pimpinan SKPD Pemkab Minahasa, serta para Camat, Lurah, Kepala Desa dan perangkat desa se- Minahasa.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 26 Februari 2018 , , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional