Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Gumalangit Pimpin Langsung Upacara Hari K3 Nasional di PT ASA


Wakil Bupati Boltim, tengah pimpin upacara Hari K3 Nasional.

Boltim, deriKawanua.com - Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, di lokasi perusahaan PT Arafura Surya Alam (PT ASA) Kotabunan Induk. Kamis 15 Februari 2018 menggelar upacara yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit.

Pada pelaksanaan Upacara tersebut mengusung tema, "Melalui Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mendorong Terbentuknya Bangsa yang Berkarakter, untuk mewujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020."

Pada kesempatan itu Wakil Bupati, membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan, yang berharap kepada Pemerintah Daerah Masyarakat dan pelaku Industri, untuk mengoptimalkan pelaksanan K3.



"Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pemegang kebijakan Nasional tentang K3, sangat mengharapkan dukungan pemerintah daerah, lembaga, Masyarakat industri untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3," katanya.

Dalam sambutanya, Rusdi Gumalangit juga menyampaikan, untuk melaksanakan K3 secara efektif dan efisien, dalam meningkatkan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, supaya dapat menerapkan sistem manajemen K3 (SMK3).



"Upaya yang paling tepat adalah menerapkan sistem manajemen K3 (SMK3), sebagaimana amanat pasal 87 Undang Undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang, ketenagakerjaan dan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012" urai, Gumalangit, Kamis (15/02).

Wabup juga mengungkapkan, data dari BPJS Ketenagakerjaan tentang kejadian kecelakaan kerja yang mengalami penurunan di tiap tahunnya.



"Pada tahun 2015, terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110 285, kasus dan tahun 2016 sejumlah 105 182 kasus. sehingga, mengalami penurunan 4,6%, sedangkan pada bulan Agustus 2017, sebanyak 80 392 kasus. salah-satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan dan Pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja," jelasnya.

Di akhir sambutannya, Wabup yang menambahkan, dengan peringatan Hari K3 Nasional dapat terselenggara Bulan K3 Nasional Tahun 2018 dengan baik, "kiranya peringatan Hari K3 yang dilanjutkan dengan Bulan K3 Nasional tahun 2018, dapat terselenggara sesuai rencana  dan apa yang kita kerjakan berguna bagi Nusa dan bangsa," ujarnya, pagi tadi.

Sementara itu, Kepala Tehnik Tambang PT ASA Yusransyah mengatakan, bahwa pihaknya selalu bekerja dibawah pengawasan setiap melaksanan kegiatan kerja di perusahaan.



"Setiap melakukan aktivitas kerja, kami selalu ada pengawas. dan untuk menanggulangi kecelakaan kerja di perusahaan kami ada P3K, untuk karyawan kami yang jumlahnya ada 120 orang," beber Yusransyah.

Upacara Hari K3 Nasional tersebut, turut dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya, Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Boltim Irwan Kiay Demak selaku Dinas terkait. Kepala Dinas Kominfo Boltim Hamdi Egam, Kapolsek Urban Kotabunan, Pimpinan Perusahaan PT ASA dan PT Ranomuut, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Karyawan Perusahaan. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 15 Februari 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional