Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau

Dihadapan Ribuan Massa, RR-RD Bacakan dan Tandatangani Deklarasi Kampanye Damai

Minahasa, detiKawanua.com - Pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU Minahasa bertempat di Lapangan Sam Ratulangi (God Bless), Minggu (18/02) sore tadi dihadiri pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1 dan 2 periode 2018-2023, Ivansa-CNR (1) dan Roy Roring-Robby Dondokambey (2, RR-RD). Dimana kedua paslon tersebut selanjutnya membacakan isi (3 poin), berkomitmen serta telah menandatangani deklarasi pilkada damai dihadapan ribuan massa yang hadir saat itu.

RR-RD juga sebelumnya pekan lalu telah menandatangani komitmen pada agenda Sosialisasi dan Deklarasi Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas yang diselenggarakan Panwaslu Minahasa.

Dimana pasangan RR-RD dalam setiap agenda sambutan pesan selalu mengingatkan dalam proses pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Minahasa ini mengajak keseluruhan elemen masyarakat, pendukung dan simpatisan untuk tetap santun serta menjaga keamanan ketertiban.

"Kita berharap bersama demi kebaikan Minahasa. Marilah kita berproses demokrasi yang elegan, santun dan tidak memanfaatkan politik SARA dan Uang, karena kita berjuang agar Pilkada betul-betul berkualitas dan berintegritas," himbau Roring Dondokambey.

Anggota KPU Minahasa, Wisye Wilar dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk wujudkan demokrasi santun, bebas dan rahasia.

"Sukses Minahasa sukses kita semua, stop kampanye SARA, Politik Uang dan Hoax jadikan Pilkada Minahasa bersih dan berintegritas," kata Wilar.

Sementara itu Ketua Panwaslu Minahasa, Doni Rumagit mengucapkan terima kasih atas antosias kedatangan segenap masyarakat pada kampanye damai hari ini.

"Kami sebagai panwaslu mempunyai kewenangan dalam pengawasan, juga menangani, penindakan/eksekusi ditempat dan bersifat final. sekarang ini kita mengategorikan dan berbahaya itu tindakan yang tersusun secara masif dan terstruktur. Paling diwaspadai secara tegas juga adalah politik uang dan politisasi SARA," ingat Rumagit.

Anggota KPU Sulut, Vivi George mengatakan bahwa di Indonesia ada 171 daerah yang melakukan deklarasi serentak pada hari ini dan di Sulut ada 6 daerah menggelar pilkada dan salah satunya di Minahasa.

"Sesuai PKPU nomor 2 tahun 2018, akan memulaikan kampanye damai ini, kemudia berakhir tanggal 23 Juni. Selanjutnya tanggal 24-26 adalah masa tenang kemudian pastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) saudara sekalian tercatat dan memilih pada tanggal 27 Juni. Untuk agenda Slsetiap kampanye akan diatur karena juga dengan menghormati bagi saudara Muslim juga akan menghadapi ibadah puasa (Mei-Juni)," terang Vivi sembari menambahkan KPU di Indonesia pada 2018 ini selain menghadapi pilkada, dilanjutkan juga tanggal 17 April nanti menghadapi tahapan Pilpres. Jadi ada dua agenda yang dihadapi pada tahun ini.

Usai pelaksanaan deklarasi kampanye damai tersebut, kedua paslon beserta pendukung masing-masing dan KPU Panwaslu Minahasa melakukan Road Show dengan rute mengelilingi wilayah Danau Tondano. Turut hadir Sekertaris Bupati, Jefri Korengkeng, Komisioner KPU dan Bawaslu Sulut, Kapolres Minahasa dan Danrem Minahasa.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 18 Februari 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional