Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Besok, Tulude Akan Digelar di Dodap Induk, Yusri : Ini Sangat Positif


Kepala Dinas Dikbud Boltim, Yusri Damopolii.

Boltim, detiKawanua.com - Pelaksanaan gelar adat Tulude, tepat di desa Dodap Induk kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), saat ini sudah dalam persiapan yang matang untuk  dilaksanakan pada Kamis (8/02) besok.

Mengenai pelaksanaan budaya atau adat Tulude serta persiapannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii menuturkan, untuk kebutuhan pelaksanaan Tulude serta persiapannya semua sudah siap. waktu pelaksanaan besok, jam 15:00 WITA di desa Dodap Induk. nantinya juga akan di hadiri oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN)



"Persiapan dan kebutuhan pelaksanaanya sudah siap. dan Tulude digelar seperti tahun sebelumnya. ini salah-satu pelestarian budaya," terang Yusri, saat disambangi diruang kerjanya.

Dalam pelaksanaan adat Tulude, kata Yusri, akan ada penyandingan antar dua bahasa daerah yakni, Bahasa sangihe dan mongondow, supaya masyarakat mongondow yang akan hadir pada acara dimaksud, mengerti atau faham ungkapan kata bahasa pada kegiatan Tulude.



"Maksudnya, penyandingan bahasa sangihe dan mongondow supaya masyarakat suku mongondow juga mengerti bahasa yang digunakan," ujarnya.

Dia menambahkan, Tulude ini merupakan ungkapan rasa syukur oleh masyarakat sangihe khususnya yang ada di Boltim, terkait satu tahun kegiatan-kegiatan mereka selama setahun, "ini adalah ucapan acara syukur. Serta, untuk memasuki tahun yang baru," tutur Yusri.

Ini sangat positif, sebab hal ini berkaitan dengan kebudayaan. Saya  mengapresiasi pelaksanaan acara adat Tulude "kegiatan ini sangat positif. Saya memberikan apresiasi masyarakat sangihe khususnya di Boltim," ucal Yusri.

Saya juga berharap untuk kedepan nanti, di Boltim akan ada pegelaran adat budaya. Sebab, di Boltim, selain suku mongondow, ada juga suku gorontalo, jawa, bugis, minahasa dan sangihe.


"Saya berharap, kedepan ada pergelaran adat budaya dilaksanakan di Boltim, guna menyatukan etnis serta budaya yang ada di kabupaten Boltim khususnya," harap Yusri. Rabu (7/02) siang tadi. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 07 Februari 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional