Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Waspada Demam Berdarah Dengue, Monangin : Pola Hidup Bersih

Kadis Kesehatan, dr.  Kerry Moangin. 

Talaud, detiKawanua.com - Meskipun selama tiga tahun belakangan ini kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut mengalami penurunan. Tetapi Dinas Kesehatan Terus berupaya agar kasus tersebut tidak terjadi lagi.

Kadis Kesehatan, dr Kerry Monangin mengatakan, berdasarkan data di instansinya. Pada tahun 2015 terjadi 69 kasus DBD dan ini menjadi kejadian luar biasa (KLB). Sementara untuk tahun 2016 turun menjadi 61 kasus, dan di tahun 2017  tercatat hanya 1 kasus yang disebabkan nyamuk Aides Aigepty ini.

"Meskipun kasus tersebut mengalami  penurunan. Tetapi tetap harus  diwaspadai. Apalagi diminggu ke dua januari 2018 kami menemukan satu pasien di Desa Maririk kecamatan Essang positif DBD dari 3 orang yang terindikasi Demam Berdarah," jelas Kadis Kesehatan, Jumat (26/1).

Hingga saat ini pihaknya terus berupaya mengantisipasi terjadinya Kasus tersebut dengan intensif melakukan penyuluhan, pengaktifan kader jumantik maupun kegiatan lainnya. Dalam memberantas nyamuk demam berdarah juga diperlukan peran aktif  masyarakat.

"Pola hidup bersih juga mempengaruhi berkembang atau tidaknya jentik nyamuk aides aigepty. Jadi kita harus memperhatikan dan menguras tempat penampungan air. Nyamuk ini biasa berkembang biak di air bersih. Kerja bakti membersihkan lingkungan termasuk genangan air  secara berkala haruslah di lakukan. Kami juga melakukan fogging, tetapi ini tak bisa membunuh jentik. Yang bisa dibunuh nyamuk dewasa," tambah dr Kerry.

Monangin kemudian menerangkan beberapa gejala yang dapat diamati ketika seseorang terkena DBD diantaranya, suhu badan  atau panas badan naik tinggi dan tidak turun, sakit kepala dan nyeri pada tulang, bintik merah dikulit bekas gigitan nyamuk , pendarahan dan syok.

"Kalau menemukan gejala tersebut sebaiknya dibawa ke puskesmas atau Rumah sakit terdekat untuk diperiksa," katanya.

Karena telah terjadi kasus selama tiga tahun. Maka Kementerian Kesehatan telah menetapkan Talaud sebagai wilayah Endemik DBD. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 27 Januari 2018 ,

0 komentar for "Waspada Demam Berdarah Dengue, Monangin : Pola Hidup Bersih"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional