Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
PratinjauPratinjau

Tomsel Gelar Rapat Pra Musrenbangdes, Demi Kemajuan Pembangunan Desa


Sangadi Tomsel, Subhan Wakid saat rapat pra Musrenbangdes.

Boltim, detiKawanua.com - Guna untuk melakukan program-program pembangunan desa di tahun 2018 ini, desa Tombolikat Selatan (Tomsel) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat pra Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) terkait program pembangunan, yang dihadiri oleh para pendamping desa dan seluruh perangkat desa serta masyarakat.

Dalam penyampaian Kepala desa (Sangadi-red) Tomsel Subhan Wakid mengatakan, sebelum Musrenbang di kabupaten dilaksanakan, kita akan kumpul saran atau masukan terkait program pembangunan desa 2018 ini, melalui pra Musrenbangdes.



"Kita tampung semua masukan rencana pengembangan desa kedepan nanti mulai dari BPD, LPM, Kepala dusun, RT/RW, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta sejumlah masyarakat desa Tomsel disampaikan ke Pemdes guna kemajuan pembangunan desa. Agar, kita nantinya melaksanakan APBDes terkesan tak sepihak sebab, perencanaanya melalui rapat yang disepakati," jelas Subhan di kantor desa Tomsel.

Lanjut Sangadi, juga soal PAD desa dinilai masih belum ada. jadi bagaimna upaya kita supaya Pendapatan Aset Desa (PADes) kita tahun. tentunya, ini perlu peran aktif para perangkat desa beserta masyarakatnya untuk membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang masih belum dikelola secara maksimal.



"Agar nantinya, program sudah jalan maka usulan-usulan terkait pembangunan, sumbernya diambil dari semua  elemen masyarakat desa Tomsel. itulah gunanya saya gelar rapat pra Musrenbang ini. Saya sudah sarankan ke kepala PMD pada rapat beberapa pekan lalu, menyangkut program pemerintah desa yakni BUMdes, Embung, sarana olahraga, sanggar seni budaya. dan produk unggulannya direncanakan, tanaman jenis durian (mutong) untuk 1 orang menanam sekitar 50 pohon dengan lahan yang sudah disiapkan. selanjutnya, tahun ini juga akan dibangun gedung sekolah PAUD. kita harus mengola Bumdes agar, nantinya ada PAD desa," ujarnya, Kamis (4/01) malam.

Dia menambahkan, soal pemberdayaan seni budaya, kemudian sanggar seni, sarana olahraga desa juga menjadi prioritas oleh pemerintah desa, kita sesuaikan degan tipologi desa, "untuk Dana Desa di Tomsel,  sekitar Rp 700 juta. sedangkan, Anggaran Dana Desa kita belum bisa pastikan  sebab, saat ini masih dikaji oleh pemerintah kabupaten," kata, Sangadi Subhan. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 05 Januari 2018 ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional