Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

Tegakkan Keadilan, Panwaslu Talaud Launching 'Sentra Gakkumdu' Pilkada 2018, Wauda : Ini Adalah Komitmen Kami Dalam Penegakkan Hukum

Talaud, detiKawanua.com - Bertempat di Aula Cendrawasih Melonguane, Panwaslu Talaud Launching Sentra Peneggakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2018. Kegiatan ini dihadiri langsung Pimpinan Bawaslu Propinsi Sulut Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Mustarin Humagi SHi.

Selain itu juga, dihadiri oleh Jajaran Panwaslu Talaud seperti Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda SS Pimpinan Panwaslu Talaud Mardyanto Bungangu SH dan Raemond Manangkabo SPd, Kepala Sekretariat Panwaslu Talaud Karel Polen Ngala SH, juga di hadiri oleh Kajari  Melonguane yang diwakili oleh Kepala Seksi Pidana Umum Bobby J. Selang SH MH dan Kapolres Talaud yang diwakili oleh KBO Reskrim Polres Talaud Ipda. Daud Manopo SH dan puluhan Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda Talaud serta staf sekretariat Panwaslu Talaud yang memadati Aula tersebut, Minggu (07/01).
Ketua Panwaslu Kabupaten Talaud Jekman Wauda, SS mengungkapkan launching Gakkumdu ini sebagai komitmen bersama, dalam hal penindakan temuan tindak pidana pemilu saat proses Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung.

"Dengan resminya launching Gakkumdu, maka secara resmi sudah dimulai penindakan temuan pelanggaran pemilu. Mulai dari kabupaten hingga kecamatan," ujarnya.

Launching sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ini juga disambut positif oleh Kapolres Talaud yang diwakili Ipda DaudManopo, SH. Secara institusi kami mengapresiasi  dengan launchingnya Gakkumdu untuk penegakan hukum untuk saat Pemilu.

"Memang kita harus komitmen bersama dalam rangka melaksanakan amanat ini. Oleh karena itu kita harus bersama bahu membahu," pungkasnya.
Kapolres Talaud AKBP M Denny I Situmorang,  SIK yang di Wakili oleh Ipda Daud Manoppo, SH selaku KBO Sat Reskrim Polres Talaud selaku Narasumber menyampaikankepada personil yang bertugas di panwaslu Kabupaten  Talaud dan sebagai penyidik gakumdu agar tetap menjaga Netralitas dan Integritas  sebagai Anggota polri.

''Agar menjaga Netralitas dan integritas  sebagai Anggota polri,  selain itu juga dalam proses  Tindak Pidana Pemilihan agar Centra Gakumdu  jangan mengejar pengakuan melainkan harus pembuktian yang sebagaimana di atur dalam pasal 184, 185 Kuhap'',jelas Kbo Reskrim.

Dalam penanganan tindak pidana pemilihan, khususnya Penyidik Polri yang ditempatkan di centra Gakumdu Panwaslu Kab Talaud sudah sesuai PP 58 tahun 2010 ttgsyarat penyidik. Selain itu juga Penyidik Polri yg ditugaskan di centra Gakumdu dalam penanganan kasus perlu memperhatikan waktu proses penyidikan selama 14 haridi kepolisian.
''Penanganan kasus perhatikan waktu proses sidik selama 14 hari di kepolisian'',tambah Manopo.

Salah satu Tokoh Pemuda Talaud Musa mengatakan kiranya penegakkan hukum terkait Pilkada di Talaud dapat sesuai dengan peraturan perundang - undangan dan benar - benar memberikan bukti bahwa Talaud dapat menciptkan Pilkada yang berkualitas.

"Pada intinya dalam penegakkan hukum nanti tidak tebang pilih, harus berkeadilan rakyat dan sesuai dengan amanat undang - undang", katanya dalam kegiatan launching. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 08 Januari 2018 , , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional