Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Talaud Dapat Jatah Cetak 100 Hektar Sawah

Kadis Pertanian Talaud,  Ordik Rompah. 

Talaud, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud bekerjasama dengan TNI membantu meningkatkan produksi padi petani. Rencananya, 100 hektar sawah bakal digarap.

Kepada Dinas Pertanian Ordik Rompah melalui  melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan Plowen Bentian mengatakan program cetak sawah diharap dapat membantu meningkatkan produksi padi. Sehingga Kabupaten Talaud bisa menjadi swasembada beras. 

“Tahun ini Talaud kebagian 100 hektar lahan. Pemerintah mengawasi mulai dari pengolahanya hingga panen, tapi hasilnya untuk masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada para petani berupa cetak sawah dengan bantuan TNI, bibit padi, pupuk kompos dan lainnya.

Desa yang nantinya mendapatkan bantuan itu Desa Alo, Perangen, Beo dan Desa Lalue.

"Dari segi potensi lebih. Namun program cetak sawah sering terkendala infrastruktur irigasi, yang banyak belum selesai. Untuk realisasi program ini tinggal menunggu petunjuk operasiinal pelaksanaan kegiatan. Diharapkan melalui program ini Talaud dapat swasembada beras dan para petani yang dibantu dapat bekerja sama membantu kerja TNI dan pemerintah," katanya.

Adapun pertanian merupakan sumber pendapatan masyarakat, yang bertujuan mewujudkan ketahanan pangan. Untuk itulah sektor pertanian harus dikelola sebaik-baiknya. 

"Mari kita putuskan ketergantungan beras pada daerah lain. Itu harus dihindari. Ini tantangan kita untuk bagaimana caranya dapat menghasilkan beras yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Talaud. Tenaga penyuluh pertanian boleh berkorelasi dengan berbagai pihak agar bagaimana caranya hasil olahan pertanian menjadi nilai tambah guna pemenuhan kebutuhan agar tak bergantung dari kiriman beras daerah lain," tandas Sekkab Adolf Binilang. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 26 Januari 2018 ,

0 komentar for "Talaud Dapat Jatah Cetak 100 Hektar Sawah"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional