Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

RAYAKAN HUT MINSEL KE-15, TETTY : " CAPAIAN PEMBANGUNAN BUKTI TOREHAN PRESTASI BERSAMA "



MINSEL, detikawanua.com - Tak bisa di pungkiri Capaian pembangunan untuk kabupaten Minahasa Selatan ( MINSEL ) sampai Tahun ke-15 bukanlah sesuatu y ang di anggap reme apalagi dianggap tak berharga dan tak bernilai tamba. Daerah yang berdiri pada tahun 2003 sesuai dengan undang-undang nomor 10 Tahun 2003 berhasil dalam pembangunan

Pemerintah Minsel khususnya Bupati CEP pada periode kedua ini telah susah payah menghentar dan menakodai pemerintahan ini kearah yang lebih baik, mandiri, berdaulat , adil dan makmur. Di bawah kepemimpinan Christiany Eugenia Paruntu SE dan Franky Donny Wongkar SH telah membawah perubahan signifikan bagi pembangunan dan kesejaktraan masyarakat di sisi pelayanan pemerintahan CEP-FDW ingin terwujudnya pelayanan publik yang berkwalitas menuju pemerintahan yang baik dan bersih (GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERMENT). dan menurut Tetty di beberapa kesempatan " ini adalah prestasi kerja bersama dan sama-sama bekerja ".

" DI SEPANJANG TAHUN 2017, PEMKAB BERSAMA MASYARAKAT TELAH BERGANDENGAN TANGAN, BERSAMA-SAMA MEMBANGUN DAN DIBANGUN, BERJUANG MERAJUT PEMBANGUNAN DAN KEMAJUAN DAERAH MELALUI BERBAGAI PROGRAM DAN KEGIATAN YANG TENTUNYA AKAN TERUS DI LANJUTKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN DI TAHUN 2018, ANTARA LAIN MELALUI :

1. PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN, PEMBANGUNAN BOULEVARD AMURANG; PEMBANGUNAN SARANA IRIGASI, SARANA AIR BERSIH DAN SANITASI SERTA PEMBANGUNAN SARANA PENYULINGAN AIR LAUT SIAP MINUM YANG AKAN TERUS KITA LANJUTKAN DI TAHUN 2018

2. DI BIDANG PERTANIAN, DI TAHUN 2017 YANG LALU MINSEL SEMAKIN BERTUMBUH MELALUI MODERNISASI PERTANIAN DENGAN ADANYA BANTUAN ALAT MEKANISASI PERTANIAN BERUPA 33 TRAKTOR RODA 4 DAN 64 UNIT TRAKTOR RODA 2. HAL INI TELAH MEMBUAT RODA PERCEPATAN TANAM DI MINAHASA SELATAN MENINGKAT DRASTIS DIMANA LUAS TANAM JAGUNG TAHUN 2017 MENCAPAI 88 RIBU 127 HEKTAR DIBANDING TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA YANG RATA-RATA HANYA MENCAPAI 18 RIBU HEKTAR PER TAHUN. HAL INI AKAN TERUS DI LANJUTKAN DI TAHUN 2018.

3. DI BIDANG KESEHATAN, PADA TAHUN 2017 PEMERINTAH TELAH MENINGKATKAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN/PERTANGGUNGAN ASURANSI, REHABILITASI BEBERAPA PUSKESMAS DAN PEMBANGUNAN GEDUNG BARU PUSKESMAS AMURANG TIMUR, PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD DENGAN PENYEDIAAN RUANGAN OPERASI DENGAN STANDARD SIRO (SISTEM INTEGRASI RUANG OPERASI) DAN PENAMBAHAN DOKTER AHLI, TERMASUK PENINGKATAN PENANGANAN KESELAMATAN IBU MELAHIRKAN DENGAN MENJAMIN BIAYA FASILITAS KESEHATAN PERSALINAN BAGI KELUARGA MISKIN DAN MENYIAPKAN RUMAH TUNGGU DEKAT FASILITAS KESEHATAN UNTUK PENANGANAN PERSALINAN IBU BERESIKO TINGGI; DI TAHUN 2017 JUGA TELAH ADA 13 DESA YANG TELAH MENDEKLARASIKAN KOMITMEN DALAM PROGRAM STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (STOPS BABS).
SELANJUTNYA DI TAHUN 2018, PEMKAB MINSEL AKAN MEMPRIORITASKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DAERAH UNTUK MENJAMIN MASYARAKAT KURANG MAMPU DALAM MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI PUSKESMAS DAN RUMAH SAKIT. HAL INI AKAN DITUNJANG DENGAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK), DIMANA AKAN ADA PERUBAHAN POLA PELAYANAN SEHINGGA PETUGAS KESEHATAN DAPAT MENGUNJUNGI PASIEN LANGSUNG DI RUMAH UNTUK DETEKSI DINI PENYAKIT. PEMKAB PUN AKAN MENAMBAH JUMLAH PESERTA JAMKESDA DARI SEBELUMNYA 30 RIBU JIWA MENJADI 65 RIBU JIWA DI TAHUN 2018. MELALUI UPAYA INI, PEMERINTAH BERTEKAD UNTUK MENDUKUNG UNIVERSAL COVERAGE BAGI SELURUH MASYARAKAT DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN.
JUGA DALAM RANGKA MENJAMIN KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA, PEMERINTAH DAERAH JUGA TELAH MELAKSAKAN KERJA SAMA DENGAN BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM RANGKA MEMBERIKAN JAMINAN KECELAKAAN KERJA DAN KEMATIAN KHUSUSNYA BAGI PEMERINTAH DAN PERANGKAT DESA, BPD DAN TENAGA NON PNS.

4. DI BIDANG PENDIDIKAN, TAHUN 2017 PEMKAB MINSEL TELAH  MENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DENGAN TOTAL ANGGARAN 30 MILIAR RUPIAH, REHAB SEKOLAH SEBESAR TOTAL 6 MILIAR RUPIAH, SERTA PENAMBAHAN BUKU PERPUSTAKAAN. HAL INI TENTUNYA AKAN DI LANJUTKAN DI TAHUN 2018 AGAR PENDIDIKAN ANAK-ANAK MINSEL AKAN SEMAKIN MAJU DAN BERKEMBANG BAHKAN BERBUAH PRESTASI, TERMASUK DENGAN MENYALURKAN BEASISWA CITA EMAAN PANDE, KEPADA 409 MAHASISWA MINAHASA SELATAN DENGAN TOTAL ANGGARAN MENCAPAI 1,9 MILIAR RUPIAH.

5. DI SEKTOR PARIWISATA PEMKAB MINSEL TELAH MEMULAI PEMBANGUNAN TEMPAT WISATA AMURANG DI TAHUN 2017 YANG AKAN DILANJUTKAN DI TAHUN 2018. DEMIKIAN PULA DENGAN PEMBANGUNAN ASET OBJEK WISATA BATU DINDING, PULAU SEPATU DAN PENGEMBANGAN OBJEK-OBJEK WISATA LAINNYA. SELANJUTNYA PEMKAB JUGA AKAN MEMBANGUN PATUNG OIKUMENE DAN BALAI LATIHAN KERJA PERHOTELAN.

6.DI SEKTOR PEMBERDAYAAN PEDESAAN PEMKAB MINSEL TELAH MENYALURKAN DANA DESA SEBESAR 127 MILIAR 642 JUTA 435 RIBU RUPIAH DI TAHUN 2017 DAN AKAN KEMBALI MENYALURKAN DANA DESA DENGAN TOTAL SEBESAR 102 MILIAR 929 JUTA 615 RIBU RUPIAH DI TAHUN 2018.

7. UNTUK MEMBANTU MASYARAKAT MISKIN,  PEMERINTAH AKAN MEMBERIKAN MANFAAT BANTUAN RASTRA KEPADA 17 RIBU 565 KELUARGA PENERIMA MANFAAT BERUPA BERAS RASTRA SEBANYAK 10 KILOGRAM PER BULAN PER KELUARGA SECARA GRATIS SELAMA TAHUN 2018.

8. SELANJUTNYA PEMKAB MINSEL TELAH MENJALIN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN OTOMOTIF TERBESAR DI DUNIA, TOYOTA DAN MELALUI KERJA SAMA INI PEMKAB MINSEL AKAN MENDAPATKAN HIBAH KENDARAAN PEMADAM KEBAKARAN DAN AMBULANS.

9. KEMUDIAN UNTUK LEBIH MENGOTIMALKAN PEMBANGUNAN SERTA AKUNTABILITAS DAN TRANSPARASI DI BIDANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN, DI TAHUN 2018 PEMERINTAH AKAN MENERAPKAN SISTEM PERENCANAAN DENGAN BERBASIS ELEKTORNIK ATAU E-PLANNING.


INILAH BERBAGAI TOREHAN KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DISEGALA BIDANG TELAH MEMBAWA KABUPATEN MINSEL MERAIH BERBAGAI PENGHARGAAN, BAIK DI TINGKAT PROVINSI MAUPUN TINGKAT NASIONAL. NAMUN, TIDAK ADA KATA “CUKUP” DALAM KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN, PENINGKATAN KESEJAHTERAAN, DAN PRESTASI DAERAH, TETAPI DI ATAS KESEMUANYA ITU, AKAN SELALU ADA UNGKAPAN “SYUKUR” ATAS SEGALA PEMBERIAN, KEBERHASILAN, TANTANGAN DAN KESULITAN YANG TUHAN IJINKAN MEWARNAI PELANGI KEHIDUPAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN. UJAR TETTY DALAM SAMBUTAN HUT MINSEL KE -15 DI RAPAT PARIPURNA DPRD MINSEL

DI KATAKANNYA , KITA SUNGGUH MEMAHAMI DAN MENYADARI, BAHWA ADA BERBAGAI DAN BERAGAM ASPIRASI MASYARAKAT  YANG BELUM TERWUJUD, NAMUN DALAM KETERBATASAN, KITA HARUS MAMPU MEMILIH DAN MEMILAH, MANA YANG MENJADI KEINGINAN DAN MANA YANG MENJADI KEBUTUHAN, DENGAN TETAP BERKOMITMEN BAHWA APA YANG KITA BUAT ADALAH DEMI KEMAJUAN DAN PENINGKATAN TARAF HIDUP DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN MINAHASA SELATAN YANG KITA CINTAI.
DALAM KONTEKS DEMIKIAN, PERINGATAN HARI JADI KE-15 MINAHASA SELATAN SAAT INI, MERUPAKAN MOMENTUM YANG SANGAT TEPAT UNTUK MELAKUKAN EVALUASI  SEBERAPA JAUH CAPAIAN KINERJA YANG MENJADI TANGGUNGJAWAB KITA; MELAKUKAN KOREKSI TERHADAP BERBAGAI HAMBATAN DAN KETIMPANGAN HASIL CAPAIAN; SERTA MELAKUKAN INTROSPEKSI ATAS HASIL-HASIL KINERJA YANG TELAH KITA CAPAI SEBAGAI  MASUKAN DAN PERBAIKAN DI TAHUN-TAHUN SELANJUTNYA. JELAS TETTY DI SAMBUT TEPUK TANGAN SEMUA HADIRIN.
( VANDYTRISNO /ADV )

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 30 Januari 2018 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional