Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Keunggulan Sulut Kini Jadi Daerah Ekspor dan Mandiri Disektor Perkebunan

Manado, detiKawanua.com - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kini bisa 'mandiri' aspek sumber daya alam terlebih khusus sektor perkebunan pasalnya, bisa dilihat dari data menjadi daerah yang mengekspor bukan lagi import, seperti pupuk sudah dikelola lokal Sulut.

"Menunjang/memberikan pendapatan daerah penyumbang bruto, menyediakan bahan baku domestik/lokal diperkebunan, berkontribusi dalam tambahan nilai ekspor karena paling banyak komuditi perkebunan," terang Kepala Dinas Perkebunan Sulut, Refli Ngantung, Rabu (24/01) disela-sela kegiatan rapat kerja (Raker) Dinas Perkebunan Daerah se-Provinsi Sulut disalah satu hotel di Manado.

Selain itu juga menurutnya keunggulan lalinnya bisa menjadi sumber devisa (lewat kelapa Sawit) dan berkontribusi dalam penerimaan negara (cukai), pajak ekspor, menyediakan bahan pangan baku industri.

"Juga menjadi sumber utama pendapatan masyarakat adalah perkebunan, dengan luas tanah garapan di Sulut 500an ribu hektar, sekarang baru ada 400an ribu hektar yang sudah berproduksi dan menghasilkan. Tinggal 100 ribu hektar lagi yang kini masih akan olah," jelasnya.

Selain itu keunggulan utamanya juga kata Refli, menjadi salah satu sarana pendukung besar dalam sektor pengentasan kemiskina.

"Karena meningkatkan/menyerap tenaga kerja dan home industri yang sangat singkron dengan program pak Presiden dan Pak Gubernur serta Wakil Gubernur (ODSK). Selain itu berperan dalam mengurangi gas emisi/rumah kaca yang artinya berkontribusi dalam sumber daya dan lingkungan hidup," tandasnya. (IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 24 Januari 2018 ,

0 komentar for "Keunggulan Sulut Kini Jadi Daerah Ekspor dan Mandiri Disektor Perkebunan"

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional