Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

UKW Angkatan XVI, PWI Pusat Tetapkan Wartawan Kompeten



MINSEL, detikawanua.com - Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) yang dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Panitia lokal,  bertempat di Balai Wartawan Manado pada 29-30 November 2017 pekan lalu, dinilai beberapa kalangan sangat baik dan berhasil

Hal ini dikatakan Ketua PWI Minsel Rocky Sariowan di sela-sela penutupan acara Rocky yang juga sebagai peserta UKW angkatan ke XVI ini pun mengatakan dirinya sangat senang atas terselenggaranya kegiatan ini

" tentu saya bangga dan mengapresiasi PWI Provinsi SULUT yang telah mengfasilitasi kegiatan penting ini juga bertrima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan ibu Christiany Eugenia Paruntu SE dan Franky Donny Wongkar SH, karena prinsipnya tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel)

Saat membuka secara resmi UKW ini, Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan menyatakan profesionalitas kerja wartawan itu penting yang akan menguji Pola , Sistem sesuai standart Dewan Pers yaitu UKW dan  pengujinya datang dari PWI pusat.

“ UKW ke-16 yang dilaksanakan PWI Provinsi Sulut bersama pemerintah Kabupaten Minsel, melalui panitia. Tujuannya selain meningkatkan profesionalisme wartawan anggota PWI dalam menjalan tugas, juga sebagai salah satu cara untuk memfilter mana wartawan yg beperan dan mana yang tidak,” tutur Voucke Lontaan.

Adapun pelaksanaan UKW kategori muda ini diikuti oleh 26 wartawan baik media cetak, elektronik dan media siber dari Kabupaten Minsel. Hasilnya, 24 wartawan dinyatakan berkompeten dan 2 di antaranya belum berkompeten. Kegiatan ini juga merupakan salah satu aturan dewan pers.

Dalam sambutan saat menutup kegiatan ini, anggota Komisi Pendidikan PWI Pusat, Fathurachman mengatakan untuk jadi wartawan itu harus cerdas diatas rata-rata masyarakat. Karena kita ingin menyuguhkan informasi, kita ingin menyuguhkan edukasi kepada masyarakat sesuai fakta dan akurasinya jelas.

“Kegiatan pembelajaran terjadi dalam proses pengujian ini. Kalau kemudian ada yang belum kompeten dan yang sudah kompeten, itu merupakan bagian dari proses pengujian. Pengujian ini merupakan potret keseharian kita sebagai wartawan,” kata Fathurachman.

Mendampingi Fathurachman, tim penguji juga menghadirkan sejumlah wartawan senior PWI lainnya diantaranya Susilastuti, Uyun Achadiat dan Ahmad Istiqom.
( Vandytrisno )

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 03 Desember 2017 ,

0 komentar for " UKW Angkatan XVI, PWI Pusat Tetapkan Wartawan Kompeten "

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional