Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
PratinjauPratinjauPratinjau PratinjauPratinjau
Pratinjau

Panwaslu Talaud Gelar Sosialiasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2019

Talaud, detiKawanua.com - Panwaslu Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka  Pemilu Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Serta  Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019, Jumat (22/12).

Ada dua materi yang diberikan dalam sosialisasi tersebut yakni tahapan pengawasan pemilu  dari segi teknis dan regulasi terkait pemilihan kepala daerah yang dibawakan Ketua Panwaslu, Jekman Wauda dan Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Merdianto Bungangu.
"Ada tujuh tahapan krusial pemilu. Tahapan pendaftaran peserta pemilu, pemutakhiran data, penetapan jumlah kursi, pencalonan, kampanye, pungut hitung dan rekapitulasi, dan  penetapan calon terpilih. Tujuh tahapan ini menjadi fokus utama bagi kita semua. Apakah itu pengawas pemilu maupun warga masyarakat untuk sama - sama mengawasi proses ini ," ujar Ketua Panwaslu.

Sementara dalam materi yang ke - 2.  Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan memaparkan materi  regulasi terkait pemilihan.

"Dalam sosialisasi ini kita mencoba menyamakan persepsi. Dari segi sistematika pemilihan memiliki urgensinya seperti apa ?. Urgensinya adalah pemilihan  merupakan cikal bakal  perwujudan kedaulatan rakyat ataupun memberikan legitimasi yang kuat kepada rakyat agar supaya pemerintahan berjalan dengan baik. Sistematika lainnya adalah partisipasi publik. Kemudian yang paling penting adalah aspek pidana," ujar Bungangu.
Adapun peserta sosialisasi terdiri dari masyarakat, awak media, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Sekretariat Karel Polen Ngala SH dan staf di Panwaslu Talaud. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 22 Desember 2017 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional