Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Kehadiran Pers Bagi Masyarakat dan Pemda Melalui Alumni Kagama Manado dan JIPS

Manado, detiKawanua.com - Bertema ''Peran Pers Dalam Pembangunan Sulut" yang digelar Alumni UGM (Kagama) di Manado bekerjasama dengan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) yang sehari-harinya melakukan peliputan di lingkup Pemprov Sulut yang berlangsung di ruang F.J Tumbelaka, Jumat (29/12). Dalam sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA) Setdaprov Sulut, Jemmy Kumendong mengatakan dan berharap akan kehadiran insan pers (media) kiranya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam hal memajukan pembangunan didaerah Bumi Nyiur Melambai (Sulut).

"Tentunya dalam menunjang program pembangunan karena peran pers dalam pembangunan itu penting sekali. Informasi media tersebut sangat dibutuhkan oleh publik/masyarakat untuk menunjang program pemerintah," kata Kumendong, sembari meminta kepada pers sebagai mitra pemerintah wajib memberitakan sesuai etika jurnalis.

"Kami pahami bersama sampai sekarang hubungan pers dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulut sangat  berjalan dengan baik walaupun banyak dinamika yang dihadapi," ungkapnya.

Dikataknanya lagi bahwa segenap media, baik media cetak dan media elektronik yang ada di daerah senantiasa diharapkan turun memberikan kontribusi perannya dalam mendukung perkembangan didaerah serta mampu menjadi media yang menjalin informasi dan aspirasi masyarakat.

"Disamping itu senantisa menjaga indenpensi dalam menyuguhkan informasi kepada publik, karena dalam upaya mengontrol pembangunan masyarakat dapat menggunakan media sebagai jembatan komunikasi sehingga media harus menjadi agen perubahan sosial kearah yang lebih baik," tandasnya.

Sementara itu salah satu pembicara Pengamat Politik Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka bahwa ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan atas keterkaitan peranan Pers sebagai wadah informasi publik diantaranya, tegakkanlah "FOUR ESTATE" karena Pers adalah penjaga kewarasan demokrasi, Humanizing Development (membangun peradaban), tugas terberat adalah menjaga marwah profesi jurnalis itu sendiri. Menjaga terserang oleh oknum mengaku jurnalis tapi merusak citra serta dalam konsultasi personal politik sudah tembus per jam, 2 Uero = 2000.

"Pembangunan bukan saja dari pemerintahan melainkan berbagai elemen. Baik masyarakat, swasta, termasuk didalamnya peran pers. Pers mendorong pembangunan secara tidak langsung dalam segi pemberitaan. seperti kita ketahui bersama bahwa pers merupakan pilar ke empat setelah eksekutif, legislatif, yudikatif. Perannya bukan saja mendorong dalam pembangunan infrastruktur, keamanan, ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya. Selain itu, fungai pers juga mampu membangun opini publik sehingga dapat dievaluasi oleh pemerintah dan direalisasikan," ungkap Tumbelaka, sembari menilai di era kebebasan Pers saat ini masih ada pemerintah yang 'alergi' terhadap kritik, dimana notabenenya Pers sangat penting untuk kemajuan pembangunan terlebih di Sulut.

Tak lepas dari itu, dirinya pun mengakui merasa dilema terhadap Pers pada era perkembangan sekarang ini yang baginya (Tumbelaka,red). Dimana ini sudah tahun kesembilan atas kehadiranya di Sulut dilingkungan Pers. Dimana Pers-lah yang telah membesarkan serta memberikan ilmu wawasan.

Hadir pada diskusi akhir tahun tersebut diantaranya, Asisten III Setdaprov Sukut, Roy O. Roring, unsur wartawan senior Raymond Pasla, insan akademisi Unsrat Manado, Welly Waworundeng, Peggy Egam, dan Ivan Kaunang, serta Alumni UGM dan para anggota JIPS.

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 29 Desember 2017 ,

0 komentar for "Kehadiran Pers Bagi Masyarakat dan Pemda Melalui Alumni Kagama Manado dan JIPS"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional