Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Upacara Petingatan Hari Pahlawan Berlangsung di Lapangan Sangkundiman Melonguane Talaud

Talaud, detiKawanua.com - Momentum peringatan hari pahlawan yang jatuh pada, Jumat (10/11) diperingati oleh segenap unsur yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut lewat upacara bendera di Lapangan Sangkudiman Melonguane dan upacara tabur bunga di laut pelabuhan umum Melonguane.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara Kapolres Talaud, AKBP M Denny Iriawan Situmorang mengatakan, upacara digelar  untuk mengenang para pahlawan, perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia yang dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan kolektif berjuang, sehingga saat ini kita bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

"Setelah kemerdekaan diraih. Maka tahapan selanjutnya adalah kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan negara selanjutnya yang berdaulat, adil dan makmur. Apabila kita mampu bersatu sebagai suatu bangsa. Mak kita dapat maju bersama - sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar  Kapolres Talaud.

Mengutip pernyataan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa  para pahlawannya. Kalimat tersebut kiranya dimaknai  dengan mendalam, dimana tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan. Tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan negara bernam Republik Indonesia.

"Berdirinya Republik Indonesia dapat dinikmati kemerdekaannya, karena pahlawan pendahulu mengajarkan kepada kita tentang keteladanan dan rela berkorban. Olehnya ,kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang , bekerja dan berkarya untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat dan mampu menjadi pahlawan bagi negeri dan bangsa ini," kata Situmorang.
Pada kesempatan itu juga  Situmorang mengisahkan peristiwa yang bersejarah dan sarat makna ini. Diungkapkan, peringatan hari pahlawan didasarkan pada pertempuran terhebat dalam riwayat dekolonialisasi dunia, yaitu pertempuran tanggal 10 November 1945 di Surabaya.

"Kala itu segenap rakyat Indonesia dari berbagai suku, agama, ras dan kebudayaan membentuk partikularisme gagasan bersama, melebur menjadi satu, berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," teranya. 

Hadir dan ikut serta dalam upacara tersebut diantaranya, Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda, Alex Sahadula, Asisten Administrasi Umum, Alfred Dj Taasiringan, Pasintel Lanal Melonguane, Kapten (Mar) Agustinus, Wakapolres Talaud, Maria Boki Buida bersama Pejabat Utama Polres Talaud, Kepala Unit Bandara Melonguane, Fanani Zuhri para pejabat teras di lingkup Pemkab Kepulauan Talaud, Ibu - Ibu Jalasenastri dan Persit , satuan polisi pamong praja , para pelajar dari tingkat SD hingga SMA/ SMK sederajat , para veteran TNI  dan tokoh agama dan masyarakat.

Usai upacara bendera. Kegiatan selanjutnya adalah upacara tabur bunga di laut pelabuhan Melonguane dengan Inspektur upacara, Kasdim 1312/ Talaud, Mayor (Inf) Sigfried Panaha. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 10 November 2017 , ,

0 komentar for "Upacara Petingatan Hari Pahlawan Berlangsung di Lapangan Sangkundiman Melonguane Talaud"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional