Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sidak di Dukcapil Manado, Wawali Harapkan Pelayanan Bisa Lebih Maksimal

Wawali Bastiaan saat sidak di Dukcapil Manado, Rabu (08/11). /ist

Manado, detiKawanua.com - Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado, Rabu (08/11), Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan menemukan banyaknya keluhan warga yang mengurus dokumen kependudukan.

"Hari ini kami melakukan pemantauan ke beberapa lokasi yang menjadi tempat pelayanan publik, termasuk Dukcapil, karena memang itu yang selalu menjadi prioritas yang kami awasi," terang Mor Bastiaan didampingi Kadisdukcapil Manado Julises Ohlers.

"Memang masih ada 1-2 kendala yang akan diperbaiki, apalagi di Dukcapil. Tapi saya yakin ke depan pelayanan kita lebih hari akan lebih lengkap/maksimal," ujarnya.

Wawali bahkan mengecek langsung terkait lama pengurusan kepada warga yang antre di loket pengambilan dokumen. Menurutnya, pengurusan dokumen seharusnya bisa lebih cepat lagi.

"Ini yang coba kita benahi satu persatu, agar prosesnya lebih hari menjadi lebih singkat. Tidak perlu lagi terlalu banyak prosedur yang panjang, kita pangkas kita buat lebih pendek. Persyaratan yang tidak sebenarnya merupakan hal yang mutlak, kita tiadakan. Jadi ada beberapa hal yang bisa kita buat ringkas, kita ringkas," jelasnya.


"Bukan berarti bahwa semua tidak ada masalah, tetap satu dua selalu ada, dan ini yang kita akan terus benahi. Kita tidak boleh puas, kita harus buat pelayanan lebih hari harus menjadi lebih baik lagi, lebih maksimal," harapnya.

Terkait masalah pengurusan KTP, Wawali Bastiaan mengatakan, memang blanko sudah ada tapi masih dalam jumlah terbatas, sehingga memang yang diprioritaskan adalah bagi warga yang sudah merekam.

"Kalau yang sudah pernah ada KTP kemudian hilang, kami ganti dulu dengan surat keterangan, karena kami prioritaskan bagi yang mereka sudah merekam tapi belum pernah menerima KTP. Jadi memang masih terbatas, tapi kami coba untuk selalu melayani," kata Wawali.

"Apalagi saat ini Dukcapil sudah ada website sendiri yang baru dibuat dan sementara dikembangkan.
Kami sudah memberikan masukan ke capil, agar webnya bisa diketahui/diakses masyarakat. Sehingga, apa-apa yang mejadi kebutuhan warga Kota Manado bisa dipenuhi lewat situ atau bahkan yang menjadi komplain/keluhan bisa diberitahukan di website tersebut," pungkasnya. (Indra)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 08 November 2017

0 komentar for "Sidak di Dukcapil Manado, Wawali Harapkan Pelayanan Bisa Lebih Maksimal"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional