Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Puskud Versi Dareda Bukan RAT, Mokoginta dan Talumepa Ingatkan Soal Regulasi

Manado, detiKawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut melalui Asisten II, Rudi Mokoginta dan Kepala Dinas Koperasi-UKM Sulut, Christian Talumepa saat menghadiri undangan rapat anggota peserta Pusat Koperasi Unit Desa (PusKUD) yang dilaksanakan disalah satu hotel di Manado, Kamis (23/11), telah menyampaikan sambutan dan mengingatkan soal mekanisme aturan/regulasi pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT). 
Dalam penyampaian Talumepa yang juga sebagai Pejabat Pembina Koperasi di Sulut itu menyentil soal pertemuan yang menghadirkan 157 pengurus koperasi primer dan anggota pusKUD tersebut yang belum bisa disebut sebagai RAT karena secara aturan Permen 19 Tahun 2015 tentang koperasi, tidak memenuhi syarat ketentuan yang seharusnya dilaksanakan enam bulan sebelum masa akhir tutup buku atau akhir tahun.

"Jadi diingatkan kepada seluruh pengurus/anggota agar bisa sesuai dengan regulasi sehingga bisa berjalan dengan baik," terangnya sembari menekankan bahwa untuk pertemuan kali ini hanya sebagai rapat anggota untuk melakukan kosolidasi, penataan organisasi dan penataan aset, bukan RAT.

Disisi lain Talumepa juga mendorong bahwa pengurus koperasi dan anggota PusKUD untuk tetap bekerja dengan kerendahan hati yang mengibaratkan filosofi akar.
"Seperti akar yang tumbuh dan bisa memperkuat dan mengokohkan batang pohon sehingga berbuah lebat dan akhirnya bisa dinikmati seluruh anggota. Yang terdata sekarang ada 243 KUD sebagai koperasi primer aktiv dan PusKUD merupakan koperasi sekunder," ujarnya.

Dirinya juga membeberkan hingga saat ini sudah tercatat ada 2.508 koperasi yang sudah dibatalkan dengan tidak neko-neko oleh Dinas Koperasi UKM dibawah kepemimpinannya, yang hal itu berdasarkan untuk mengubah mindest bagi para koperasi untuk harus benar-benar sesuai aturan.

Sementara itu Asisten II, Mokoginta yang membuka pertemuan dimaksud menghimbau selaku pemerintah tetap mensuport PusKUD dan koperasi di Sulut namun harus sesuai aturan yang berlaku.

"Untuk permasalahan yang ada seperti yang terungkap sekarang kiranya bisa diselesaikan, ini mungkin hanya masalah miskomunikasi saja. Namun sangat diharapkan kebangkitan PusKUD di Sulawesi Utara dapat bersama-sama dengan pemerintah dalam mensingkronisasikan program pemerintah provinsi," terangnya yang juga mengakui bahwa kehadiran dirinya selaku undangan pada kegiatan PusKUD versi Frits Tairas Cs merupakan miskomunikasi saja, dan pada hari ini untuk PusKUD versi Ratu Dareda hanya merupakan undangan.

Turut hadir Sekertaris Dinas Koperasi-UKM Sulut, Benny Kalonta dan Ketua PusKUD Sulut, Ratu Dareda, serta Sekertaris PusKUD, Adrian Mamangkey.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 23 November 2017 ,

0 komentar for "Puskud Versi Dareda Bukan RAT, Mokoginta dan Talumepa Ingatkan Soal Regulasi"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional