Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Perkuat Pengawasan Pemilu, Panwaslu Talaud Bersinergi Dengan Pers Perbatasan

Ketua Panwaslu Talaud Jekman Wauda.

Talaud, detiKawanua.com - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif   Dalam Rangka  Pemilihan DPRD Kabupaten/ Kota, DPD, DPR RI dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019  bertempat di Aula Halena Beach Hotel, Melonguane. Rakor tersbut menghadirkan peserta yang berasal dari unsur awak media, baik cetak maupun elektronik, panwascam dan elemen lainnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Talaud, Jekman Wauda  yang juga Divisi Pencegahan dan sosisaliasi bersama dua komisioner lainnya masing - masing pimpinan Divisi Sumber Daya Manusia, Raemond Manangkabo dan Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran  , Merdianto Bungangu pada rakor tersebut menjadi pemateri. Adapun Materi yang diberikan juga terkait sosialisasi penangananan pelanggaran Pilkada yang berdasar hukum  pada  UU no 1  Tahun 2015 , UU No 8  Tahun 2015 dan UU No 10 Tahun 2016 pasal 73 ayat 2 , Serta perbawaslu  Nomor  11 Tahun  2014. Usai pemaparan dilanjutkan  diskusi tanya jawab dengan para peserta.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslu Jekman Wauda  mengatakan,  rakor ini  memiliki tujuan agar terjadi koordinasi dan sinergitas dengan sejumlah unsur, termasuk  wartawan, panwascam dan masyarakat. ' 

"Bahwa  pengawasan pemilu tidak hanya di laksanakan oleh Panwaslu sebagai lembaga saja,tapi juga seluruh stakeholder pemerhati pemilu,ormas, jurnalis dan masyarakat agar tahapan penyelenggaran pemilu terlaksana dengan baik sebagaimana di atur oleh UU yang berlaku. Panwaslu adalah lembaga pengawasan yang terstruktur dari Pusat sampai ke daerah dalam pengawasan proses penyelenggaraan pemilu,pileg dan pilkada pilwako dengan tujuan menegakkan integritas," ujar Ketua Panwaslu, Selasa (21/11) lalu.

Dipaparkan Komisioner Divisi Hukum Penangan Pelanggaran , tugas panwas  adalah untuk mengawasi perencanaan dan penetapan jadwal pemilu,  tahapan pemutakhiran data pemilih dan penetapan data pemilih pencalonan dan penetapan calon anggota DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten /Kota, pelaksanaan kampanye,  mengawasi pelaksanaan putusan pengadilan terkait dengan pemilu serta memantau  pelaksanaan tindaklanjut penanganan terhadap pelanggaran pemilu.

Suasana Rapat Koordinasi. 

"Saya berharap rekan rekan media dapat bekerjasama membantu kami dalam pengawasan. Apalagi salah satu fungsi media adalah kontrol sosial dan pemberi informasi maupun lain sebagainya.Alasan perlunya kerjasama pengawasan pemilu. Alasan subyektif keterbatasan personil, sedangkan alasan  obyektif wilayah pengawasan yang luas," terangnya.

Pemberian Manumbalang salah seorang wartawan senior  mengapresiasi itikad baik  Panwaslu untuk bersinergi dengan media.

"Pemilu merupakan sarana demokrasi untuk memilih pemimpin pemimpin yang diharapkan dapat menjadi teladan. Fungsi pengawasan sangat penting untuk menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas dan sesuai harapan publik. Kami siap membantu termasuk memberitakan," kata Manumbalang.

Ditambahkan Komisioner Divisi SDM dan Organisasi, Raemon Manangkabo, indikator Kualitas pemilu terdiri dari penyelenggara pemilu yang adil, tingginya partisipasi pemilih dan cerdas dalam menggunakan hak pilihnya, demokrasi internal partai, terpilihnya wakil rakyat yang bertanggung jawab, dan  terpilihnya pemimpin yang mendorong pemerintahan yang bersih

Diketahui sumber pembiayaan kegiatan hari ini bersumber dari APBN. Sementara untuk Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 mendatang belum dimiliki karena pemerintah daerah belum menandatangani Naskah Penerimaan Hibah Daerah, meski anggarannya telah tersedia.

Selain RRI. Awak media yang hadir diantaranya Linri Fikantri Kaesang (Surat Kabar Harian Manado Post), Pemberian Manumbalang (SKH Cahaya Siang), Andy Pusut (SKH Kawanua ), Andy Jasman (  SKH Indopost), Marwan Pakaya (Koran Manado) dan Evan Taarae dari Manado Aktual Online. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 23 November 2017 ,

0 komentar for "Perkuat Pengawasan Pemilu, Panwaslu Talaud Bersinergi Dengan Pers Perbatasan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional