Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Pendamping Desa Wujudkan Program Nawacita Presiden, ODSK Hingga Kab Kota dan Desa

Manado, detiKawanua.com - Kegiatan yang merupakan pembekalan/pelatihan sekaligus peningkatan kapasitas bagi Pendamping Desa (PD) se-Kabupaten/Kota di Sulut selama seminggu yang dilaksanakan disalah satu hotel di Manado dan telah ditutup Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Sulut, Royke Mewoh pada Jumat (24/11) malam, bertujuan menangkal serta menyelesaikan permasalahannya dilapangkan terkait pembangunan dan kemasyarakatan didesa bisa terlaksana dengan baik terlebih khusus soal pengelolaan dana desa (Dandes), dimana kegiatan yang diketahui diikuti 11 kabupaten dan 1 kota (Kotamobagu) yang diharapkan sekembalinya para peserta kedaerah dan masyarakatnya masing-masing bisa langsung merealisasikan hasil pelatihan kepada desa dan masyarakat.

Baca juga: http://www.detikawanua.com/2017/11/mewoh-katakan-pembekalan-300an-pld-se.html?m=1

"Saya memberikan apresiasi kepada pelatih yang sudah membagikan ilmu kepada para peserta. Apresiasi juga kepada pendamping desa yang sepekan ini sesuai dengan pengamatan tetap mengikuti pembelajaran yang disampikan dengan baik," terang Mewoh.

Dikatakannya bahwa semangat peserta yang terlihat dari awal hingga akhir kegiatan pelatihan tersebut bisa terus sampai dilapangan. Namun juga hal itu (semangat) belum tentu menjamin situasi dilapangan.

"Saudara adalah pendamping desa bukan pendamping dana desa. Berarti tugas pokoknya adalah mendampingi segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pemerintahan desa dan masyarakatnya. Jangan hanya terfokus mengawasi dana desa saja, tapi bagaimana mengawal dan bersama-sama pemerintah membangun desanya," jelasnya, sembari menambahkan saat ini pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI juga sedang melakukan pemeriksaan di Sulut, dengan mengambil sample di Kabupaten Bolmong, Minsel dan Minut.

"Saya ingatkan ini (kegiatan pelatihan) ini berlaku se-Indonesia karena merupakan program nasional Nawacita dari Presiden RI Joko Widodo selaku pemerintah pusat, di Pemerintah Provinsi Sulut ada program Gubernur (Olly Dondokambey) dan Wakil Gubernur (Steven Kandouw) melalui Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dan ini harus disingkirkan dengan pemerintah daerah kabupaten kota hingga kepelosok desa-desa," tandas Mewoh.

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 26 November 2017 , ,

0 komentar for "Pendamping Desa Wujudkan Program Nawacita Presiden, ODSK Hingga Kab Kota dan Desa"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional