Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Mantapkan Regulasi Pemilu 2019, Panwaslu Talaud Gelar Bimtek Bersama 19 Panwascam

Talaud, detiKawanua.com - Selain Divisi Pengawasan dan Sosialisasi memberikan materi, Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengeketa juga memberikan materi sehubungan dengan penanganan pelanggaran dalam kaitan tugas dengan 19 Panwascam se - Talaud. Hal ini disampaikan langsung oleh Pimpinan Panwaslu Talaud Mardyanto Bungangu SH kepada peserta bimtek yang memadati Aula Halena Beach Hotel melonguane, Selasa (21/11).

"Dalam Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD bahwa sekira ada 45 Pasal yang mengatur tentang Tindak Pidana Pemilu. Sehingga sangat penting bagi Panwascam untuk mempelajari lebih teliti dalam hal proses penangan pelanggaran yang jenisnya yakni Pelanggaran Administrasi, Tindak Pidana dan Kode Etik yang sumber dugaan pelanggarannya yakni Temuan hasil pengawasan dan laporan daru Warga Negara Indonesia, Pemantau Pemilu dan peserta Pemilu", sebut Bungangu.

Lanjut katanya, ketika menerima laporan atau temuan Panwas akan melakukan penelitian laporan yang terdiri dari syrat formil dan syarat materil yang berhubungan dengan identitas pelapor, nama dan alamat terlapor, uraian kejadian, waktu dan tempat peristiwa terjadi, saksi dan barang bukti.

"Kami Panwaslu nanti akan melakukan proses penanganan paling lama 7 hari dengan melakukan klarifikasi kemudian kajian dan akhirnya diputuskan kalau ada pelanggaran atau tidak. Yang pada prinsipnya pelanggaran administrasi rindak lanjut ke KPU, Pelanggaran Pemilu Tindak lanjut ke Kepolisian dan Pelanggaran kode etik ditindak lanjut ke DKPP melalui Bawaslu Sulut", imbuh Bungangu. (Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 22 November 2017 ,

0 komentar for "Mantapkan Regulasi Pemilu 2019, Panwaslu Talaud Gelar Bimtek Bersama 19 Panwascam"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional