Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

MA Kabulkan PK Pemkot Manado, IMB Lagoon Tamansari Sah dan Tidak Bermasalah

Kuasa Hukum Pemkot Manado saat menggelar konferensi pers. /ist

Manado, detiKawanua.com - Mahkamah Agung (MA) akhirnya memutuskan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk PT Filadelfia Blessing Family (FBL) yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, terbukti secara hukum sah dan tidak bermasalah.

"PK (peninjauan kembali, red) yang kami ajukan, diterima MA. Dengan adanya putusan ini, secara yuridis jelas bahwa tidak ada permasalahan terhadap pendirian gedung bertingkat permanen milik Apartemen dan Condetal, yang berada di lokasi The Lagoon Tamansari, kawasan Bahu Mall, kecamatan Malalayang," ujar Franklin Montolalu SH, selaku Kuasa Hukum Pemkot Manado, saat konferensi pers Senin (13/11) siang.

Sekedar diketahui, Priska Angelika Jill Turangan (warga Bahu lingkungan III kecamatan Malalayang) melayangkan gugatan ke Pemkot Manado, masing-masing Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (sekarang Badan Pelayanan Terpadu Satu Atap) selaku tergugat I, Dinas Tata Kota (sekarang Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman) selaku tergugat II, dan PT FBL selaku tergugat III intervensi atas proses penerbitan IMB pendirian The Lagoon Tamansari.

"Putusan MA tersebut sesuai amar putusan perkara PK Tata Usaha Negara nomor: 130PK/TUN/2017 sekaligus membatalkan putusan MA nomor 288/K/TUN/2016 tentang kasasi yang dimenangkan pihak penggugat pada tanggal 5 Oktober 2016 lalu," jelas Montolalu.

Untuk proses penerbitan IMB, sudah sah karena memenuhi ketentuan administrasi. Pun surat rekomendasi dikeluarkan Dinas Tata Kota Manado bernomor 1625/D.10/IMB/2012, yang menjadi salah satu objek gugatan, tidak mendasar untuk digugat.

"Jadi tidak ada kekeliruan dalam proses penerbitan IMB itu. Sudah memenuhi seluruh ketentuan aturan. Sekarang kan terbukti dengan putusan MA yang mengabulkan permohonan PK kami," tegasnya.

"Memang ada beberapa poin dari gugatan kuasa hukum penggugat ini memiliki keganjilan jika ditinjau dari kaca mata hukum. Syarat formil pengajuan gugatan dan substansi pokok perkara telah dicampuradukan," tambahnya.

Pihak tergugat sendiri, menurut Montolalu, pernah mengajukan eksepsi di tingkat PTUN karena syarat formil untuk mengajukan perkara ke PTUN, batas waktunya 90 hari. Sementara IMB yang dikeluarkan Pemkot Manado sudah dari tahun 2012.

"Ini jelas sudah kadaluarsa donk. Jika pihak penggugat merasa dirugikan atas pembangunan PT FBL, perkaranya diajukan ke pengadilan negeri (PN) bukan ke PTUN. Makanya dari awal, sejak di PTUN, kami sudah menilai gugatan dari pihak penggugat tidak mendasar," tandas Montolalu.

MA dalam putusannya sesuai hasil rapat permusyawaratan pada Kamis 7 September 2017 lalu, yang dihadiri Dr H Supandi SH MHum sebagai Ketua Muda MA RI Urusan Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara selaku Ketua Majelis, Dr HM Hary Djatmiko SH MS, dan Dr H Yulius SH MH, hakim-hakim agung sebagai majelis beserta Hakim-hakim Anggota Majelis dibantu Panitera Pengganti Andi Nur Insaniyah SH, mengabulkan permohonan PK tergugat I (BP2T), II (Dinas Tata Kota), dan III selaku tergugat intervensi (PT FBL). Salah satu amar putusan MA adalah, selain menyatakan gugatan istri Bos iT Center itu tidak diterima, Majelis Hakim Agung juga sepakat menghukum termohon PK (penggugat) membayar biaya perkara di semua tingkatan pengadilan sebesar Rp. 2,5 juta. (Indra)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 13 November 2017 , , ,

0 komentar for "MA Kabulkan PK Pemkot Manado, IMB Lagoon Tamansari Sah dan Tidak Bermasalah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional