Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Ini Tiga Tantangan Umat Beragama Menurut Pasiak.

Kepala Kantor Kementerian Agama Talaud, Yahya Wahidin Pasiak.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Talaud, Yahya Wahidin Pasiak, SAg mengatakan, ada  tiga tantangan yang dihadapi umat beragama dewasa ini, yakni masih adanya kesenjangan yang cukup hebat antara nilai - nilai yang terkandung dalam agama dengan perilaku  umat beragama, masih adanya sebagian anak bangsa di negara Indonesia  yang belum dapat menerima pluralisme atau kemajemukan, dan masih terbukanya ruang bagi pembenturan paham keagamaan baru sebagai akibat dari globalisasi, baik yang bersifat lokal maupun transnasional.

"Hal ini dapat dilihat dari tingginya gairah kehidupan beragama, baik di gereja maupun tempat ibadah lainnya.Namun, belum berbanding lurus dengan perilaku umat beragama. Kita masih menemukan tingginya angka kejahatan, baik kekerasan fisik, KKN  ( Korupsi, Kolusi, Nepotisme), dan lain sebagainya yang dilakukan oleh sebagian para pemeluk agama," ujar Pasiak.

Lanjut dikatakan, untuk menjawab tantangan kehidupan beragama ini, paling tidak ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama - sama .Diantaranya, meningkatkan wawasan keagamaan yang dinamis. Dalam konteks, peran agama harus diletakkan sebagai landasan moral pada semua aspek kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,  melakukan penguatan peran agama dalam pembentukan karakkter dan peradaban bangsa, serta adanya peningkatan kerukunan agama dalam membangun kerukunan nasional.

"Sikap yang harus dikembangkan adalah saling menahan diri, menghormati hal orang lain untuj menganut dan menjalankan dengan sungguh ajaran agamanya, serta tidak menolak munculnya aliran yang  agama baru, sebagai akibat globalisasi. Yang dapat dilakukan adalah melakukan proteksi umat melalui pembinaan, bantuan keagamaan dan pemberdayaan fungsi ekonomi keagamaan," kata Pasiak.

Ia menambahkan, peningkatan kualitas pemahaman dan perilaku keagamaan yang seimbang, moderat dan inklusif perlu juga dilakukan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 04 November 2017 ,

0 komentar for "Ini Tiga Tantangan Umat Beragama Menurut Pasiak."

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional