Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Humas Pemprov 'Godok' Pemkot Tomohon Sinergitas Media dan Informasi Publik

Tomohon, detiKawanua.com - Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon mengadakan kegiatan fasilitasi dan pembinaan kehumasan tahun 2017, bertempat di Ex Gedung Keuangan, Kamis (9/11). Wakil Walikota Tomohon, Syerly A Sompotan dalam sambutannya sekaligus membuka rangkaian kegiatan mengatakan, bahwa hak untuk memperoleh suatu informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

"Melalui peran humas dalam suatu pemerintahan, komunikasi publik yang adalah proses penyampaian dan penerimaan informasi, tidak hanya sekedar untuk menjalin koordinasi dan kerjasama, tetapi juga sebagai wadah untuk integrasi dan sinkronisasi kegiatan pemerintah dalam pengelolaan komunikasi dan informasi publik," ujar Sompotan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Christo P Kalumata diwakili Kasubag Peliputan, Dokumentasi, Kearsipan dan Perpustakaan Pemkot Tomohon, Swasti Yogi Winadio dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyediakan dan memberikan informasi kepada masyarakat dan stakeholders tentang semua kegiatan pemerintah yang akan datang maupun yang sedang dilaksanakan.

"Untuk berkomunikasi dengan masyarakat, memperoleh dukungan dan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kebijakan publik, juga menjalin hubungan dengan stakeholders seluas-luasnya serta mediasi antar institusi dan kelembagaan diperangkat daerah," terang Yogi.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong dalam materinya selaku nara sumber tentang 'Peran dan Fungsi Humas Pemerintah dalam Sinergitas dengan Jajaran Pers/Media'. Dijelaskannya dalam hal pola kemitraan dan kerjasama yang ideal serta figur dan profil maupun fungsi Humas dalam hal penyebaran Informasi dan Publikasi, agar dapat membangun  hubungan yang proporsional dan korelatif bersama Insan Pers, baik Media Cetak, Syber/Online maupun Media Elektronik.

"Agar pesan dan program kegiatan pemerintah dalam aspek pembangunan, sosial kemasyarakatan maupun sejumlah dimensi lainnya dapat disebarkan kekhalayak ramai melalui kalangan jurnalis," jelas Roy, sembari menambahkan lewat momen kegiatan ini seklaigus memberikan kiat-kiat dalam hal menjalin sinergitas antara Pranata Kehumasan  dengan insan Pers, juga eksistensi para para perangkat daerah (SKPD) dan pemerintah kecamatan kelurahan di Pemkot Tomohon dalam menyiapkan bahan informasi yang dapat dijadikan komsumsi pemberitaan secara berimbang, Up to Date dan proporsional sebagaimana yang dilksanakan pihak Pemprov Sulut dalam hal penyajian pemberitaan melalui akun media sosial 'Blogger Humas Pemprov Sulut'.

Sementara itu melalui salah satu Praktisi Kehumasan Bagian Publikasi Humas Pemprov Sulut Berlin Parulian Sinaga,  dalam presentasi memaparkan materi seputar 'Teknik Dasar Penulisan Siaran Pers dan Aplikasi', dihadapan peserta pembekalan kehumasan. Secara gamblang dirinya menguraikan bagaimana membuat format ideal suatu Press Release maupun sisi teknis kerangka suatu metode penulisan maupun tata kelola suatu isue menjadi komposisi berita/News yang faktual. 

Adapun diakhir kegiatan tersebut dirangkaikan dengan serah terima souvenir beserta hadiah door prise kepada segenap peserta yang dinilai telah memenuhi standar dan basic cara menulis suatu Siaran Pers serta sistematika penulisan sebuah artikel berita. Turut hadir sebagai narasumber, Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon, Ronni Lumowa dan Kasubag Pemberitaan, Publikasi, Komunikasi dan Informatika Merry Ch Waluyan SS, para Kepala SKPD jajaran Pemkot Tomohon dan insan Pers Tomohon. (tim)

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 09 November 2017 ,

0 komentar for "Humas Pemprov 'Godok' Pemkot Tomohon Sinergitas Media dan Informasi Publik"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional