Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bee Sebut, Penerima Kartu Nelayan di Talaud Tepat Sasaran

Kabid Penangkapan, Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan dan Izin Usaha Perikanan,  Dinas Perikanan, Ronald Bee.

Talaud, detiKawanua.com - Pemberian kartu nelayan menuai polemik di tengah masyarakat, terlebih bagi nelayan di Talaud. Pasalnya, ada penerima kartu yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN)  dalam hal ini pegawai negeri sipil (PNS).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Kepulauan Talaud, Leida Dachlan melalui Kepala Bidang Penangkapan, Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan dan Izin Usaha Perikanan, Ronal Bee menjelaskan, penerima kartu nelayan sudah tepat sasaran. Dalam pembuatan kartu ada tiga kategorial penerima, yakni nelayan penuh, nelayan sambilan utama dan nelayan sambilan tambahan, dimana PNS masuk dalam kategori ke tiga asalkan memiliki perahu, alat penangkap ikan dan melakukan aktifitas melaut. 

"Kalau nelayan penuh adalah yang mata pencahariannya sepenuhnya nelayan. Nelayan sambilan utama adalah yang mata pencaharian lebih besar  sebagai nelayan, selain pekerjaan lain seperti tukang atau petani. Dan untuk nelayan sambilan tambahan adalah mata pencahariannya  sebagai tambahan. Dan pegawai ini. Saya mencontohkan seorang guru di desa Bitunuris saya masukkan ke kategori ini. Jadi dia bisa menerima kartu, tetapi tak bisa menerima asuransi," jelas Bee.

Ketika ditanyakan berapa jumlah PNS  penerima kartu nelayan. Bee belum dapa memastikannya.  Ia menerangkan,  dari 7.069 nelayan di Talaud. Untuk jumlah nelayan yang terdata sementara di aplikasi kementerian kelautan perikanan (KKP) sebanyak 3.216 nelayan.

"Dari sekian banyak itu  kurang lebih tidak sampai sepuluh orang PNS yang menerima kartu nelayan ini. Kita masih terus melakukan  verifikasi. Karena menuai polemik, maka kartu ini saya tahan dulu. Nanti kami berikan penjelasan ke masyarakat," katanya.

Ditambahkan, saat ini instansinya tidak lagi melakukan  pencetakan kartu nelayan. Karena kartu tersebut akan diubah menjadi kartu pelaku  usaha kelautan dan perikanan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 03 November 2017 ,

0 komentar for "Bee Sebut, Penerima Kartu Nelayan di Talaud Tepat Sasaran "

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional