Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Inspektorat Boltim Temukan Realisasi Dandes ADD Dinilai Bermasalah


Kepala Inspektorat Boltim, Meike Mamahit.


Boltim, detiKawanua.com - Untuk hasil audit internal Inspektorat kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), atas realisasi Dana Desa (Dandes) dan  Anggaran Dana Desa (ADD) tahap pertama, masih menemukaan banyak masalah. sehingga, kepala desa (Sangadi-red) diharuskan lebih berhati-hati soal penggunaan DD dan Dandes.

Kepala Inspektorat Boltim Meike Mamahit, mengatakan, tim Inspektorat sudah selesai melakukan pemeriksaan pada 80 desa yang ada di tujuh kecamatan, "tim sudah selesai turun pemeriksaan selama dua minggu. hampir keseluruhan kita temukan ada masalah," terangya.

Sejumlah temuan, kata Meike, permasalahan antara lain pengurangan volume pekerjaan fisik, "umumnya pekerjaan fisik, setelah pemeriksaan volumenya tidak sesuai dengan dokumen laporan pertanggungjawaban. fisik pekerjaan meskipun jauh, tim kita turun langsung periksa dilapangan," ungkapnya.

Selain pengurangan volume, tim inpsektorat juga menemukan masalah yang tidak kalah serius yaitu, dugaan mark up anggaran, "ada yang kita temukan pemasalahan pembayaran. itu termasuk dinilai mark up. karena, melakukan pembayaran melebihi dari standard biaya," kata Meike kepada sejumlah awak media.

Permasalahan juga ditemukan pada laporan pertanggungjawaban yang tidak merincikan apa saja program, yang direalisasikan Kepala desa, "kita temukan ada penyerahan bantuan kepada masyarakat. tetapi, laporannya tidak rinci, siapa dan berapa orang yang menerima. ini kan dipertanyakan, apa benar disalurkan atau tidak," bebernya.

Menurutnya, sejumlah Kepala desa atau Sangadi berdalih pekerjaan sedang dikerjakan sehingga, berpengaruh pada pemeriksaan fisik dilapangan.

"Dalam regulasi diberikan batas waktu. kapan batas waktu pemasukan pertanggungjawaban. Karena ini tahap pertama, masih ada tahap kedua yang syaratnya adalah laporan pertanggungjawaban tahap pertama," tandasnya.

Dia menambahkan, hasil ini ada bersifat pokok hasil pemeriksaan. dan, masih diberikan waktu kepada para Kepala desa melakukan perbaikan sesuai hasil rekomendasi dari tim, "pekan depan, jika rekomendasi kita tidak ditindaklanjuti maka, akan menjadi temuan. bisa kita minta untuk langsung diselesaikan, jika tidak maka lewat MPTP-TGR. dan hasil ini, terus dilaporkan kepada Bupati," jelas Meike kemarin. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 12 Oktober 2017 ,

0 komentar for "Inspektorat Boltim Temukan Realisasi Dandes ADD Dinilai Bermasalah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional